Kompas.com - 29/09/2021, 17:01 WIB
Ilustrasi perkuliahan ThinkstockIlustrasi perkuliahan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke beberapa level, satuan pendidikan telah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Kebijakan PTM terbatas ini penting dilakukan untuk mencegah kekhawatiran banyak pihak terkait learning loss yang bisa terjadi jika belajar online dilaksanakan dalam jangka panjang.

Termasuk di jenjang perguruan tinggi, saat ini juga sudah banyak yang melakukan perkuliahan tatap muka.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, para mahasiswa bisa kembali mengikuti kuliah di kampus. Namun kegiatan perkuliahan tatap muka ini jangan dijadikan kesempatan untuk berkumpul, bepergian bersama teman kampus dan abai terhadap prokes.

Baca juga: Satoria Agro Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

Perkuliahan tatap muka buka untuk euforia

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Jaka Sembiring mengingatkan kepada mahasiswa, dibukanya kembali kegiatan akademik di kampus bukan untuk euforia. Namun dalam rangka meningkatkan atmosfer akademik.

ITB pada Senin (27/9/2021) lalu secara resmi mulai membuka kegiatan akademik di kampus dalam transisi kebiasaan baru perkuliahan tatap muka (PTM).

Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai tingkat capaian akademik yang terpengaruh secara signifikan akibat pembelajaran daring.

Prof. Jaka menekankan, kegiatan akademik di kampus, keselamatan seluruh sivitas akademika tetap menjadi prioritas ITB.

Baca juga: Ide Unik Mahasiswa UMM, Ajak Warga Mandiri dengan Produk Susu Panggang

Kegiatan di kampus dimulai bertahap

Untuk itu, lanjut Jaka, kebijakan perkuliahan tatap muka dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dengan dibukanya kembali kegiatan berikut ini:

1. Pembukaan kegiatan yang bersifat experiential learning, seperti praktikum, lokakarya, kuliah lapangan, dan studio di semester ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.