Kompas.com - 27/09/2021, 19:06 WIB
Survei kesehatan mental menemukan, mayoritas masyarakat Indonesia merasa kesepian setidaknya dalam sebulan terakhir. FREEPIK/JCOMPSurvei kesehatan mental menemukan, mayoritas masyarakat Indonesia merasa kesepian setidaknya dalam sebulan terakhir.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini selain menjaga daya tahan tubuh tetap prima, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Kondisi yang berlangsung cukup lama ini berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mental.

Pentingnya menjaga kesehatan mental saat pandemi ini juga jadi perhatian Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha (FBS Undiksha). Organisasi kemahasiswaan ini mengadakan webinar yang bertujuan menyediakan ruang untuk berbagi pengetahuan tentang strategi atau tips menjaga kesehatan mental.

Baca juga: 4 Tips Dapat Pekerjaan Impian bagi Fresh Graduate

Undiksha adakan webinar tentang manajemen stres

Ketua Panitia, Ni Kadek Priska Ayu Widyawati menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Webinar ini diisi dengan materi tentang manajemen stres dan tips untuk meningkatkan kualitas diri di masa pandemi. Ini penting bagi mahasiswa," kata Ni Kadek Priska seperti dikutip dari situs resmi Undiksha, Senin (27/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dekan FBS Undiksha, Prof. I Made Sutama mengungkapkan, kesehatan mental tidak dapat dipisahkan dengan kesehatan fisik maupun sebaliknya.

"Artinya, kalau pikiran atau mental kita sehat, fisik kita akan terbantu untuk menjadi lebih sehat," papar Prof. I Made Sutama.

Baca juga: Simak Alasan Computer Science Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Namun seiring dengan semakin kompleksnya tantangan, baik yang berasal dari pribadi, lingkungan ekonomi. Termasuk kondisi pandemi Covid-19, potensi munculnya gangguan kesehatan mental semakin besar.

"Pandemi memang menggangu mental banyak orang yang membuat banyak orang cemas dan takut terpapar," terang dia.

Selain itu, kondisi pandemi Covid-19 ini juga mengubah cara hidup termasuk di kalangan mahasiswa yang berubah caranya belajar. Menurut Prof. I Made Sutama, sebelumnya ada sesuatu menggembirakan bagi mahasiswa seperti bisa datang ke kampus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.