Kompas.com - 27/09/2021, 14:26 WIB
Asisten Direktur di BUMN Pertambangan sekaligus influencer Vina Maulina Omar mengajak fresh graduate mempersiapkan diri dalam mencari pekerjaan. Dok. Komunitas SevimaAsisten Direktur di BUMN Pertambangan sekaligus influencer Vina Maulina Omar mengajak fresh graduate mempersiapkan diri dalam mencari pekerjaan.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seiring menurunnya kasus positif Covid-19 dan pengendoran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menyebabkan perekonomian kembali menggeliat.

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi pelaku ekonomi. Banyak perusahaan kembali beraktivitas, termasuk mencari karyawan baru untuk mendukung jalannya perusahaan.

Kondisi yang makin membaik ini juga menjadi angin segar bagi mahasiswa baru yang sedang mencari pekerjaan.

Informasi tentang lowongan pekerjaan pun saat ini sangat mudah ditemukan di website-website resmi perusahaan.

Baca juga: Disdik DKI Jakarta Tak Temukan Kasus Positif Covid-19 di 25 Sekolah

Persiapkan diri saat memulai karier bagi fresh graduate

Asisten Direktur di Holding BUMN Pertambangan sekaligus influencer Vina Maulina Omar mengajak para lulusan baru atau fresh graduate untuk mempersiapkan diri agar dapat memulai karier dan kehidupannya dengan cemerlang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Butuh trik tersendiri supaya bisa mencapai karier dan impian yang gemilang di masa depan. Apalagi di era post-pandemi seperti ini. Karena saingan kita untuk mencari kerja dan berkarir nantinya bukan hanya fresh graduate tapi juga para experienced hire atau profesional berpengalaman yang akibat pandemi jadi menganggur," ungkap Vina seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/9/2021).

Hal ini disampaikan Vina bersama para influencer lainnya di acara Youth Inspiring Talk yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta bersama Campuspedia dan Sevima.

Sebagai sosok yang kerap viral di TikTok karena membagikan tips dan pengalamannya dalam mencapai puncak karier di usia muda, Vina dan para influencer punya 4 tips khusus untuk merintis karier pascapandemi bagi para lulusan baru. Berikut tips berkarier bagi fresh graduate ala Vina Maulina Omar.

Baca juga: Krim Antijerawat dari Kulit Durian Inovasi Mahasiswa UB

1. Pastikan tujuan karier

Menurut Vina, setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Misalnya ada yang ingin mencari uang sebanyak mungkin, ada yang ingin membanggakan keluarga dan daerahnya, ada juga yang ingin mengabdikan diri untuk kemajuan di sektor ataupun bidang tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.