Kompas.com - 27/09/2021, 13:38 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono pada Rakernas BEM SI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9/2021). DOK.Humas UMYKepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono pada Rakernas BEM SI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9/2021).
|

KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M., menyatakan bahwa mahasiswa memiliki kecerdasan akademik saja tidak cukup.

Melainkan sebagai kaum akademisi juga harus mau membangun bangsa. Caranya dengan saling bersinergi dengan mahasiswa lainnya.

Demikian diungkapkan KSAL pada Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Ke-14 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9/2021).

Baca juga: Mahasiswi UMY Hadirkan Platform Your Home bagi Penyintas Broken Home

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh seluruh BEM dari 170 universitas di Indonesia baik secara daring ataupun luring.

"Yang perlu kita bangun bukan hanya badan atau raganya, tetapi jiwa juga karakter yang kuat. Sebagai mahasiswa yang ingin membangun bangsa, yang kita bangun bukan hanya kecerdasan akademik semata, tetapi juga kecerdasan emosional juga moral," jelas KSAL dalam keterangan tertulis dari UMY yang diterima Kompas.com.

Bersinergi membangun bangsa

Ia juga berpesan kepada mahasiswa agar tetap bersinergi bahu membahu membangun bangsa serta menyatakan kesiapannya dalam bersinergi bersama mahasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, sebagai penerus bangsa, mahasiswa harus memiliki karakter yang kuat, diikuti kemampuan berkolaborasi dan bekerjasama yang baik, hal ini akan menjadikan BEM sebagai pencetak sejarah yang unggul.

"Saya akui bahwa kami TNI AL kurang dekat dengan mahasiswa, namun bersamaan dengan ini saya berkomitmen untuk siap membantu apa yang mahasiswa butuhkan dalam membangun negeri ini," terang Laksamana Yudo.

Baca juga: Dosen UMY Ciptakan Aplikasi JogjaLoop demi Wujudkan Ide Kota Inklusif

"Jangan takut juga jangan sungkan untuk mengajak kami dalam bersinergi untuk membangun bangsa yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Laksamana Yudo juga menawarkan kepada peserta Rakernas jika ingin mengadakan Rakernas di atas kapal perang milik TNI, pihaknya bersedia agar para mahasiswa bisa mengetahui kejayaan dan kehebatan lautan Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.