Kompas.com - 27/09/2021, 08:10 WIB
Empat srikandi SAR Universitas Padjadjaran (Unpad) yang ikut pencarian pendaki hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut. DOK.Laman UnpadEmpat srikandi SAR Universitas Padjadjaran (Unpad) yang ikut pencarian pendaki hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki jiwa sosial untuk membantu sesama. Seperti halnya dengan empat srikandi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini.

Keempat mahasiswi Unpad yang tergabung di Unit SAR Unpad ikut membantu melakukan pencarian pendaki hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.

Mereka diberangkatkan pada Rabu (22/9) malam, atau hari ketiga pasca-pendaki tersebut dinyatakan hilang. Empat personel SAR Unpad tersebut yaitu Helsya Natasya (FIB), Nadin Azani (Fikom), Daryl Sarah Agustin (FTG), dan Shifa Fatina Hasim (FISIP).

Baca juga: Akademisi Unpad: Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun Masih Uji Klinis

Keempat srikandi tersebut bergabung dengan kurang lebih 150 relawan lainnya untuk ikut membantu operasi pencarian pendaki bernama Muhammad Gibran Arrasyid (14) tersebut.

Menurut Shifa, setiap personel memiliki perannya masing-masing. Selain ikut membantu melakukan penyusuran dari posko pendakian hingga puncak, beberapa personel juga membantu di dapur umum untuk menyiapkan logistik bagi relawan yang bertugas.

"Kami bersama tim lain mencari di sekitar pos 1, pos 2, pos 3, hingga puncak. Lalu menyisir hutan di sekitarnya, melakukan close grid, hingga menyusuri punggungan. Ada juga yang membantu di dapur umum," ujar Shifa dikutip dari laman Unpad, Minggu (26/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ternyata, saat ikut pencarian, Shifa mengaku sempat terkendala anomali cuaca. Sehingga membuat relawan turun kembali akibat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk naik sampai puncak.

Tak hanya itu saja, trek pendakian didominasi batuan licin dan pasir, juga membuat relawan tergelincir.

Namun, kekompakan relawan terus dijaga. Semua relawan yang melakukan pendakian tetap memastikan kondisi dan keselamatannya bersama.

Di hari kelima dari dinyatakan hilang, pendaki tersesat tersebut berhasil ditemukan oleh warga sekitar yang membantu pencarian.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Krim Anti Jerawat dari Kulit Durian

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.