Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 15:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah Nasional dan Internasional.

Berdasarkan hasil pemeringkatan terbaru yang dirilis lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS), Undip berhasil menduduki posisi pertama di Indonesia dan posisi 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS Graduate Employability Rankings 2022

Pada kategori ini menunjukkan kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah perguruan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.

Sehingga dapat diartikan lulusan Undip dapat dengan cepat dan tepat mendapatkan pekerjaan.

Dilansir dari laman https://www.topuniversities.com/employability-rankings/methodology, QS kategori Graduate Employability Rankings 2022 menggunakan 5 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Indikator tersebut yaitu: Employer Reputation (30 persen), Alumni Outcomes (25 persen), Employer-Student Connections (10 persen), Partnerships with Employers (25 persen), dan Graduate Employment Rate (10 persen).

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Undip atas capaian dalam mendukung kemajuan Undip menuju universitas berkelas dunia (World Class University).

"Hal ini merupakan cerminan dari kualitas lulusan Undip yang semakin baik, mudah terserap di lapangan kerja, serta berdaya saing global," ucap dia melansir laman Undip, Jumat (24/9/2021).

Dia mengaku, hasil pemeringkatan ini telah menjadi tolak ukur yang dipakai oleh calon mahasiswa baru dan keluarganya dalam menentukan perguruan tinggi.

Baca juga: 100.000 Guru Honorer Jadi PPPK, Nadiem Makarim: Porsi Terus Bertambah

Lanjut dia menyebut, peringkat ini juga bisa digunakan oleh perguruan tinggi itu sendiri dalam menentukan arah kebijakan selanjutnya, agar terus bisa meningkatkan kualitas lulusannya.

Berdasarkan data hasil perhitungan QS kategori Graduate Employability Rankings 2022, Undip memperoleh poin dari masing-masing indikator, yaitu:

1. Employer Reputation (14.4).

2. Alumni Outcomes (12.0).

3. Employer-Student Connections (84.2).

4. Partnerships with Employers (6.4).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com