Kompas.com - 24/09/2021, 12:04 WIB
Jaringan IDN memperluas layanan pembayaran iuran pendidikan/SPP dengan menggandeng salah satu perusahaan e-commerce yaitu Shopee. DOK. JARINGAN IDNJaringan IDN memperluas layanan pembayaran iuran pendidikan/SPP dengan menggandeng salah satu perusahaan e-commerce yaitu Shopee.

KOMPAS.com - Pada tahun 2021 ini, Jaringan IDN memperluas layanan pembayaran iuran pendidikan/SPP dengan menggandeng salah satu perusahaan e-commerce yaitu Shopee.

Pandemi Covid-19 yang saat ini mewabah membuat sekolah atau aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring.

Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang saat ini tengah berlangsung, masyarakat dihimbau untuk dapat melakukan sebagian besar aktivitas dari rumah, tidak terkecuali pembayaran tagihan pendidikan atau SPP.

Melalui kerjasama ini, 2.522 lembaga pendidikan yang tergabung di Jaringan IDN baik sekolah, kampus, pesantren, PKBM, dan bimbel akan dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan secara daring melalui Shopee.

Hal ini sesuai dengan misi Jaringan IDN untuk memajukan pendidikan melalui digitalisasi lembaga pendidikannya yang teredukasi dan mengadopsi layanan digital.

Ian McKenna, CEO Jaringan IDN, berharap anak-anak dapat segera kembali ke sekolah. Namun yang harus disadari, ketika siswa kembali ke sekolah hal tersebut tidak bisa dikatakan “kembali ke normal”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Beasiswa untuk Siswa SMA-SMK, Berikan Biaya SPP Sampai Lulus

 

"Pendidikan telah berkembang dari tahun ke tahun, bersamaan dengan ekspektasi orang tua. Dulu digitalisasi sekolah dipandang sebagai keuntungan, sedangkan saat ini adalah kebutuhan," ungkap Ian.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan dalam beberapa bulan terakhir ini ratusan lembaga pendidikan mulai dari sekolah, madrasah, dan pesantren telah bergabung di Jaringan IDN untuk memulai perjalanan digitalisasi lembaga pendidikan.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa perjalanan digitalisasi Sekolah Jaringan IDN akan didukung oleh Shopee dengan memudahkan orangtua untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui e-commerce," ucapnya.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products, Shopee Indonesia menyampaikan, “dengan masih diberlakukannya PPKM serta himbauan untuk melakukan sebagian besar aktivitas dari rumah, Shopee terus berupaya untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan pengguna."

Tidak terkecuali aktivitas pendukung seperti pembayaran tagihan. Oleh karenanya, kami menyambut baik kolaborasi dengan jaringan IDN untuk memperluas pilihan lembaga pendidikan yang ditawarkan serta disaat yang sama memberikan solusi bagi pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran pendidikan tanpa harus keluar rumah," tambahnya.

Sistem pembayaran ini akan memudahkan siswa dan orangtua untuk dapat melakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, lembaga pendidikan yang telah menggunakan layanan pembayaran digital juga memiliki pemasukan lebih lancar, apalagi di masa pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat.

“Melalui Jaringan IDN, kami terbantu dalam pengelolaan dan administrasi keuangan mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi, sehingga lebih efektif, efisien, dan transparan. Para siswa dan mahasiswa Kami juga bisa melakukan pembayaran online,” pungkas Ninuk Nurbani, Bendahara Yayasan Perpenas Banyuwangi yang termasuk dalam lembaga pendidikan Jaringan IDN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.