Nyalanesia Fasilitasi Ratusan Sekolah Terbitkan Buku lewat "Festival Literasi Kebumen 2021"

Kompas.com - 24/09/2021, 11:53 WIB
Festival Literasi Kebumen adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah dan madrasah yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN. DOK. NYALANESIAFestival Literasi Kebumen adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah dan madrasah yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN.

KOMPAS.com -  Lebih dari 500 guru dari berbagai sekolah atau madrasah Kabupaten Kebumen mengikuti acara sosialisasi "Festival Literasi Kebumen" secara virtual.

"Festival Literasi Kebumen 2021" merupakan program yang diinisiasi Nyalanesia dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen serta didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Festival Literasi Kebumen adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah dan madrasah yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat Kabupaten Kebumen dengan total hadiah jutaan rupiah.

"Festival Literasi Kebumen merupakan salah satu momen untuk menggiatkan sekolah dalam berliterasi dan merupakan kegiatan yang cukup baik," ungkap Asep Nurdiana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, dalam sambutannya secara virtual (7/9/2021).

"Jadikan program ini untuk memotivasi siswa dan guru agar berani menulis dan berkarya. Lewat program ini, siswa, guru, dan kepala sekolah, akan mendapatkan bimbingan dan fasilitasi penerbitan karyanya," tambah Asep.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menerbitkan buku ISBN bersama

Lenang Manggala, Founder Nyalanesia, menyampaikan Festival Literasi Kebumen adalah pengembangan dari program GSMB Nasional (Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional) yang diselenggarakan pihaknya secara tahunan sejak 2016 lalu.

Baca juga: Lewat Webinar #MakinCakapDigital, Kemenkominfo Ajak Masyarakat Percepat Penyebaran Literasi Digital

 

Berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan peduli literasi, hingga tahun 2020 lalu, program GSMB Nasional telah diikuti 1.378 sekolah dari 33 provinsi, dan berhasil membantu lebih dari 280.000 pelajar dan pendidik untuk menerbitkan 3.000 judul buku bersama.

"Tujuan program Festival Literasi Kebumen ini adalah memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat menghasilkan karya, meningkatkan kompetensinya, dan memfasilitasi hasil penerbitan secara nasional karya-karya tersebut menjadi buku ber-ISBN," ujar Slamet Nurkholis, Fasilitator Program wilayah Kabupaten Kebumen.

Pada penutupan acara sosialisasi program yang diselenggarakan secara virtual ini, Panut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, menyampaikan program Festival Literasi Kebumen ini merupakan salah satu program baik untuk belajar memulai berkarya bagi para siswa dan para guru di madrasah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.