Kompas.com - 24/09/2021, 09:43 WIB
Alat bernama Peudecskin karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). DOK.Laman ITSAlat bernama Peudecskin karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ada yang berkulit sensitif. Apalagi jika terkena sesuatu yang dapat membuat kulit iritasi atau kemerahan.

Seperti halnya ketika memakai parfum yang mengandung alkohol. Jika kulitnya sensitif, maka bisa menimbulkan iritasi, kemerahan dan gatal, flu, hingga sulit bernapas.

Terkait hal itu, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat inovasi alat pendeteksi alkohol pada parfum yang mampu mendeteksi keamanan parfum bagi pengguna berkulit sensitif.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Alat Sterilisasi APD

Menurut ketua tim, Linaniyyatul Masruroh, kandungan alkohol pada parfum diindikasi dapat menyebabkan gejala alergi pada pengguna berkulit sensitif.

"Alat bernama Peudecskin ini dapat memberikan informasi apakah parfum aman atau tidak digunakan oleh penderita kulit sensitif," ujar Lina dikutip dari laman ITS, Rabu (22/9/2021).

Berbasis senyawa aromatik

Dijelaskan, kadar alkohol pada parfum sendiri cukup beragam tergantung konsentrasi pewangi parfum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, Peudecskin memanfaatkan sensor array berbasis senyawa aromatik, sehingga kadar alkohol alat dapat ditentukan melalui identifikasi jenis parfum.

Lina memaparkan mengenai cara kerja Peudecskin. Langkah pertama ialah parfum disemprotkan pada Peudecskin.

"Partikel-partikel gas akan ditangkap reseptor dan diidentifikasi oleh delapan sensor pada alat," imbuh mahasiswi Departemen Teknik Kimia Industri.

Usai melewati delapan sensor (Gravimetric Sensor Arrays) diperoleh data karakteristik alkohol parfum yang kemudian dianalisis menggunakan metode neural network.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.