Kompas.com - 22/09/2021, 18:42 WIB
Ilustrasi Kuliah Dok. JobplanetIlustrasi Kuliah
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemilihan jurusan saat duduk di bangku SMA tidak menjadi patokan saat memilih jurusan di perguruan tinggi.

Meski dari jurusan IPA, kamu tetap bisa memilih program studi (prodi) dari rumpun Soshum. Lintas jurusan ini sering dialami para siswa kelas 12 saat mencari perguruan tinggi. Karena bisa saja siswa mengalami ketertarikan di bidang lain.

Jika termasuk siswa berencana lintas jurusan, jangkan khawatir karena kamu tetap bisa mendaftar dan berpeluang diterima di perguruan tinggi negeri.

Melansir dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Rabu (22/9/2021), kamu yang ingin berpindah jurusan tetap memiliki peluang di tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bagaimana persiapan yang harus dilakukan agar bisa lolos di tes tersebut? Yuk simak 5 hal yang bisa kamu persiapkan saat ingin lintas jurusan.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Jepang, Daftar Beasiswa MJSP Hokkaido University

Persiapan saat lintas jurusan

1. Mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun peluangnya kecil, kamu boleh mendaftar lintas jurusan di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Namun kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan favoritmu memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan.

Lantaran ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang tidak membuka kesempatan bagi siswa dari jurusan IPA atau IPS saat SMA, berbeda dengan rumpun jurusan yang dituju baik dari rumpun Saintek atau Soshum.

2. Fokus membaca rangkuman materi setiap pelajaran

Memahami materi pelajaran IPS/IPA yang tidak pernah didapatkan selama tiga tahun duduk di bangku SMA akan terasa sulit. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran. Kamu harus memahami konsep materinya, bukan hanya menghafal.

Karena banyak materi yang harus dipelajari, penting membuat jadwal belajar rutin dan wajib dilaksanakan. Misalnya, minggu pertama mempelajari materi pelajaran Sejarah, minggu kedua memahami materi pelajaran Ekonomi dan pelajaran lain yang diujikan.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Bantu Warga Buat Pakan Ternak Alternatif, Ini Caranya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.