Kompas.com - 22/09/2021, 11:57 WIB
Gunung Anak Krakatau ShutterstockGunung Anak Krakatau
|

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Purino Wisata Geopark Global dan Wisata Langit (WG2WL) menyelenggarakan webinar, Sabtu (18/9/2021).

Kepala Purino Wisata Geopark Global dan Wisata Langit, Rinaldi Ikhram, S.T., M.T., Rinaldi menyampaikan bahwa Purino WG2WL hadir tidak hanya fokus pada eksplorasi keberagaman alam terutama geologi, tetapi juga biologi dan budaya.

"Purino WG2WL memiliki kekuatan lain yakni adanya astronomi ITERA yang merupakan satu kebanggaan dan kekuatan untuk memadukan konsep geopark yang sudah ada dengan pengembangan konsep wisata langit," ujarnya seperti dikutip dari laman Itera.

Baca juga: Ini 5 Cara Mengatur Keuangan yang Baik bagi Mahasiswa

Sementara kegiatan selanjutnya diisi oleh perwakilan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung Susti Rumianti, S.E., M.H., selaku Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah.

Susti mengatakan Provinsi Lampung memiliki Potensi sumber daya geologi yang sangat beragam mulai dari bahan tambang, minyak dan gas bumi, dan hidrotermal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keberadaan gunung api di Provinsi Lampung seperti Gunung Rajabasa dan Gunung Anak Krakatau membuat potensi geologi di wilayah ini semakin beragam," ungkapnya.

"Kompleks vulkanik Krakatau bahkan menjadi gunung api yang terkenal di dunia karena letusan dahsyat yang terjadi pada tahun 1883," jelas Susti.

Narasumber webinar, Ir. Anshori Djasual, M.T. sebagai Pemerhati Budaya Lampung mengatakan bahwa sejarah letusan Krakatau perlu dipelajari lagi.

Serta digali kembali agar dapat dilakukan mitigasi untuk pencegahan dampak yang ditimbulkan sebagai upaya meningkatkan keselamatan masyarakat.

Materi dilanjutkan oleh Dr. Ir. Citra Persada, M.Sc., selaku Planolog dari Ikatan Ahli Perencana (IAP).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.