Kompas.com - 21/09/2021, 09:17 WIB
Ilustrasi penilaianbtengah semester DOK. ZeniusIlustrasi penilaianbtengah semester

KOMPAS.com - Sebentar lagi, pelajar SD hingga SMA bakal mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS).

Ujian PTS ini memiliki peranan penting yang bisa memengaruhi tingkat diterimanya siswa di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Oleh karena itu, kamu harus melakukan persiapan yang maksimal untuk menghadapi PTS.

Kira-kira, apa saja langkah-langkah strategis yang perlu disiapkan untuk sukses menghadapi PTS? Simak 5 langkah efektif tempuh PTS yang sudah dirangkum oleh Zenius:

Menjaga kesehatan dan kondisi tubuh

Salah satu kebiasaan peserta ujian, yaitu belajar mati-matian sebelum ujian bahkan begadang sampai pagi.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Alhasil, waktu kalian untuk beristirahat menjadi berkurang. Alhasil, saat hari ujian tiba, kondisi tubuh menjadi kurang fit dan mengurangi kemampuan otak untuk bisa berpikir jernih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjelang pelaksanaan PTS, usahakan makan yang teratur dan minum multivitamin. Kamu juga disarankan untuk berolahraga, namun jangan melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan, apalagi yang berpotensi cedera.

Pastikan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan

Pelaksanaan PTS tahun ini akan mengikuti kebijakan sekolah masing-masing. Beberapa sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, namun ada juga beberapa sekolah yang belum.

Bagi kalian yang akan mengikuti ujian PTS secara luring, pastikan kalian telah memiliki semua alat tulis yang dibutuhkan, kartu peserta ujian, dan papan kertas. Simpan semua alat tulis tersebut di satu tempat dan siapkan saat malam hari menjelang ujian.

Untuk yang mengikuti ujian PTS secara daring, pastikan laptop atau gawai yang diperlukan dapat berfungsi dengan baik. Jika pelaksanaan membutuhkan jaringan internet, pastikan kalian memiliki kuota yang cukup dan jaringan yang baik.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan September Tahap I Tahun 2021 Cair, Segera Cek

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.