Kompas.com - 21/09/2021, 08:05 WIB
Deterjen ramah lingkungan inovasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). DOK.Laman UGMDeterjen ramah lingkungan inovasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).
|

KOMPAS.com - Setiap hari, masyarakat pasti menghasilkan limbah rumah tangga. Sama halnya dengan limbah khususnya deterjen.

Jika diakumulasi, limbah tersebut dapat mencemari lingkungan perairan. Pada limbah deterjen terdapat senyawa fosfat yang akan memicu adanya peristiwa blooming algae.

Atau ledakan populasi fitoplankton pada perairan yang dapat menimbulkan masalah rasa dan bau sehingga menyebabkan kualitas air menurun.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Snack dari Bahan Kerak Nasi untuk Anti Obesitas

Tak hanya itu saja, semakin tinggi akumulasi limbah deterjen pada air maka semakin rendah suplai oksigen yang terlarut di dalam air.

Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya proses respirasi pada ikan sehingga populasi ikan dapat menurun.

Berangkat dari permasalahan tersebut, tim PKM Universitas Gadjah Mada (UGM) menggagas deterjen ramah lingkungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir laman UGM, Selasa (21/9/2021), mahasiswa itu ialah Mutiara Selvina dan Aldian Fahrialam dari Program Studi Teknik Geologi, Leonardo Anthony Wijaya dari Program Studi Teknik Kimia, serta Aulia Rahmah Karunianti dari Program Studi Kimia di bawah bimbingan Dr. Ir. I Wayan Warmada.

Menurut Tiara, Ketua Tim PKM, keunggulan dari deterjen ramah lingkungan ini adalah penggunaan mineral zeolit alam yang berada di Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul sebagai pengganti senyawa fosfat pada builder agent.

Baca juga: Doktor Baru UGM Edukasi Pasien Hipertensi untuk Tekan Risiko Stroke

Dalam prosesnya zeolit akan dikarakterisasi terlebih dahulu dengan analisis laboratorium berupa analisis:

1. X-Ray Diffraction (XRD)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.