Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Aceh hingga Gorontalo, Mahasiswa UB Lakukan Pengabdian Masyarakat

Kompas.com - 20/09/2021, 14:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) Universitas Brawijaya (UB) melakukan pengabdian masyarakat di 41 daerah dari Aceh Barat, Sulawesi Tengah hingga Gorontalo.

Kegiatan bernama KMTL Social Project 2021 tersebut sebagai upaya dalam mendukung tercapainya tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) di Indonesia.

Menurut Ketua Umum KMTL FTP UB, Hafidz Imanudin, program kerja ini juga ditujukan kepada mahasiswa agar bisa berperan aktif dalam mengatasi permasalahan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Baca juga: Sabun Kertas Berbahan Alami Ini Karya Mahasiswa UNS

Adapun target pada KMTL Social Project tahun ini adalah memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dengan berbasis lingkungan.

Dikatakan, kegiatan ini memiliki arah gerak terhadap tiga aspek yaitu ekonomi, kesehatan dan juga lingkungan.

"Ketiga aspek tersebut disesuaikan dengan beberapa poin yang terdapat di SDGs dan permasalahan di setiap daerah," ujar Hafidz dikutip dari laman UB, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, KMTL Social Project 2021 kali ini dilakukan dengan konsep hybrid yakni kegiatan dilakukan secara online dan offline yang memiliki empat rangkaian utama yaitu pencerdasan, visitasi, sosialisasi, dan aksi.

1. Pencerdasan

Pencerdasan merupakan salah satu kegiatan rangkaian utama yang memiliki tujuan untuk menambah pemahaman panitia mengenai sistematika acara agar lebih siap untuk terjun ke lapangan.

2. Visitasi

Visitasi merupakan kegiatan bincang dengan warga secara online mengenai SDGs dan permasalahan yang terdapat di lingkungan warga tersebut. Kegiatan visitasi ini bertujuan untuk melakukan pendekatan dan adaptasi dengan warga agar kedepannya dapat dilaksanakan kerja sama demi terwujudnya SDGs di lingkungan daerah tersebut.

Baca juga: Webinar UB: Stunting Harus Ditangani Masyarakat dan Pemerintah

3. Sosialisasi

Sosialisasi adalah rangkaian untuk memberikan penjelasan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) kepada masyarakat dan diharapkan dapat diterapkan oleh masyarakat dan membantu terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga dilaksanakan secara online.

4. Aksi

Sedangkan aksi akan dilaksanakan dua hari setelah dilakukan sosialisasi terhadap warga. Aksi adalah rangkaian acara KMTL Social Project 2021 dalam melakukan aksi nyata ke lapangan untuk mewujudkan SDGs dan memberikan solusi dari permasalahan yang ada di lingkungan warga.

Bentuk kegiatan yang sudah dilakukan ialah memberikan solusi dari permasalahan lingkungan berupa suatu alat sebagai wujud nyata dalam penerapan SDGs kepada warga.

Ada lebih dari 50 alat telah berhasil dibuat oleh panitia bersama warga diantaranya:

  • komposter
  • ecobricks
  • vertical garden
  • water filter
  • alat cuci tangan
  • ecoenzyme
  • biopori
  • obat jentik nyamuk
  • semai bibit sekam
  • rockwool

Baca juga: Limbah Makanan dan Ternak Jadi Pupuk Bio Organik oleh Mahasiswa UB

Salah satu warga Kelurahan Gedong, Lilik Mujiati mengatakan pembuatan komposter ini dapat membantu mengurangi sampah dapur dan bermanfaat untuk tanaman sebagai pupuk sehingga tanaman bisa subur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com