Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 19:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Geofany Suharwan, Head of Product & Marketing di PT Qerja Manfaat Bangsa, mengungkapkan peluang karir pencari kerja saat ini tetap menjanjikan dengan jalur internship (magang) atau MT (Management Training)

“Banyak pencari kerja yang memulai karirnya melalui program magang/internship, karena program ini memberikan banyak sekali manfaat bagi seorang lulusan baru, mulai dari pengalaman kerja, kesempatan mentoring dan terlibat dalam berbagai project,” jelas Geofany melalui rilis resmi (16/09/2021).

Banyak perusahaan memberikan uang saku setiap bulan bagi para pemagangnya. Pemagang juga bisa memperoleh berbagai manfaat lainnya termasuk kesempatan pelatihan, tunjangan kesehatan, dan akses ke berbagai program manfaat yang dimiliki perusahaan.

"Bahkan lewat program magang pada beberapa perusahaan menjadi jalan pintas untuk menjadi karyawan tetap," jelas Geofany.

Ia menyampaikan, para pencari kerja, khususnya sarjana lulusan baru banyak yang mengincar perusahaan-perusahaan besar yang umumnya memiliki program akselerasi karir, atau sering dikenal dengan program MT.

"Keunggulannya jelas. Selain jaminan memperoleh standar gaji yang lebih tinggi, jebolan trainee juga berkesempatan untuk mendapat ‘jalur khusus’ dalam menapaki karir di perusahaan hingga jenjang tertinggi," ungkapnya.

Selama menjalani program MT, lanjut Geofany, trainee umumnya diberikan gaji, meskipun belum penuh, yaitu rata-rata sebesar Rp 4-5 juta.

"Mereka juga bisa mendapatkan berbagai benefits dari perusahaan termasuk tunjangan kesehatan, transportasi, akomodasi dan konsumsi, hingga beragam fasilitas perusahaan untuk menunjang kinerja dan kesejahteraan pegawai," jelas Geofany lebih lanjut.

Lalu perusahaan mana saja yang memiliki program MT dan magang yang baik?

"Berikut beberapa contoh perusahaan dan startup yang menawarkan peluang belajar, jenjang karir dan juga gaji yang kompetitif di industri," ungkap Geofany.

Baca juga: TikTok Buka Lowongan Magang Media Sosial bagi Fresh Graduate

1. Grab

Grab, salah satu platform layanan transportasi, pengantar makanan dan pembayaran menawarkan program Grab Management Associate Program. Selama program, trainee mendapatkan gaji dan menikmati benefits yang sama dengan pegawai tetap.

Grab juga menyediakan program magang berdurasi hingga 3 bulan dimana pesertanya bisa memperoleh tunjangan bulanan dan kesempatan mengikuti pelatihan dengan pendampingan mentor.

2. RuangGuru

Ruangguru, startup pendidikan terbesar di Indonesia, memiliki dua jalur utama bagi job seekers.

Pertama, melalui Management Associate Program (MAP) job seekers dapat mengikuti pendidikan selama 2 tahun dengan rotasi ke divisi yang berbeda-beda, termasuk eksposur internasional untuk mendapatkan leadership role di Ruangguru.

Gaji trainee di sini juga di atas rata-rata program MT lainnya. Nilai tambah lain dari menyelesaikan program MT di Ruangguru adalah job security dengan pemberian status pegawai tetap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com