Kompas.com - 16/09/2021, 16:07 WIB
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). DOK.Laman UMYKampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
|

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyelenggarakan UMY Grace. Ini adalah wadah bagi generasi muda khususnya mahasiswa S1 untuk menyalurkan dan mengembangkan ide gagasannya dalam forum ilmiah.

Menurut Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto M.P., IPM., ini menjadi tahun kedua UMY Grace diselenggarakan. Kali ini temanya “Engaging Youth in Community Development to Strengthen Nation's Welfare”.

UMY Grace kedua ini diikuti oleh 38 perguruan tinggi nasional dan internasional. Terdapat 521 abstrak yang masuk, 360 paper, dan 230 presenter yang mempresentasikan skripsinya secara daring, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Mahasiswi UMY Hadirkan Platform Your Home bagi Penyintas Broken Home

Dikatakan, generasi muda harus memahami bahwa penelitian adalah keterampilan dasar yang harus mereka miliki.

"Kita semua tahu, peluang menjadi seorang wirausahawan sangat melimpah bagi generasi muda. Namun semua itu, harus dilengkapi dengan perencanaan berbasis penelitian, sehingga tujuan, rencana, dan tindakan menjadi komponen paling efektif dan nyata," ungkap Rektor UMY.

UMY Grace 2 memiliki 4 fokal yang dipertandingkan yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Manajemen Bisnis dan Akuntansi
  • Kesehatan dan Keperawatan
  • Sosial Humaniora, Studi Agama, Hukum, Teknik
  • Teknologi

"Kegiatan ini dirancang agar generasi muda dari berbagai bidang ilmu dapat berkontribusi dalam menyalurkan ide-ide mereka untuk kepentingan SDG's," terang Gunawan.

UMY Grace 2 juga mengadakan sesi seminar dengan tiga pembicara diantaranya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY Prof. Hilman Latief, Ph.D.

Lalu dosen dari Asia University, Taiwan Prof. Ying-Huei Chen, Ph.D. Serta Bramasta Nugraha, Ph.D., Associate Principal Scientist in vitro imaging specialist AstraZeneca BioPharmaceuticals R&D, sebuah perusahaan dari Goteborg Swedia.

Baca juga: Dosen UMY Ciptakan Aplikasi JogjaLoop demi Wujudkan Ide Kota Inklusif

Pada kesempatan itu, Bramasta menceritakan bagaimana dirinya bisa bertahan menjadi seorang warga Indonesia bekerja dan bersaing di daratan Eropa.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.