Kompas.com - 16/09/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, semua pelajar hingga mahasiswa masih harus belajar secara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pembelajaran tatap muka kini digantikan dengan adanya ruang virtual berupa konferensi video. Ada yang menggunakan Zoom atau Google Meet untuk mengadakan kelas.

Tetapi, sebagian pelajar pasti pernah kesusahan mencatat materi saat koneksi buruk atau gangguan lainnya. Sehingga tampilan layar tiba-tiba blur, atau ketika ada PPT atau share screen guru dan dosen muncul di layar terlalu cepat.

Untuk itu, kamu bisa saja merekam layar agar mempermudah pembelajaran. Kalau kamu ingin merekam layar tanpa aplikasi tambahan, coba pakai Game Bar yang merupakan screen recorder untuk pengguna Windows 10 yang dapat merekam layar secara penuh untuk berbagai aktivitas.

Baca juga: Alasan Golongan Darah Dibedakan A B O, Bukan A B C

Cara ini, menjadi alternatif untuk aplikasi perekam layar di Laptop atau PC untuk merekam apapun yang ada di layar dengan mudah tanpa aplikasi yang perlu kamu install. Tetapi, caranya bagaimana ya? Berikut step by stepnya dilansir dari laman Quipper:

Cara merekam layar laptop

Sebelum merekam layar pastikan Game Bar sudah aktif dengan cara masuk ke Setting dan klik Gaming > Lalu klik tombol On di pilihan opsi “Record game clips, screenshot, and broadcast using game bar”. Hasil rekaman akan disimpan di folder Videos > Captures dengan format file video MP4. Atau, gunakan cara berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Buka Aplikasi Gambar dengan tekan tombol keyboard Windows + G

2. Klik icon record untuk merekam, atau tekan tombol Windows + Alt + R / Start Recording

3. Untuk mengakhiri rekaman layar, klik ikon stop recording di Capture Status

4. Lalu klik notifikasi yang muncul untuk melihat hasil rekaman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.