Kompas.com - 14/09/2021, 17:19 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin (13/9/2021).

Dia datang untuk menghadiri pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang digelar di Aula Fakultas Kedokteran (FK) UNS.

Baca juga: PTM Terbatas, Nadiem Makarim: Hanya Boleh Diisi 25 Mahasiswa

Dihadapan Presiden Jokowi, Ketua MRPTNI yang juga Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan laporan soal perkembangan terkini aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selama pandemi Covid-19.

Pertama, Jamal mengatakan saat ini sejumlah PTN di beberapa daerah sudah memulai uji coba perkuliahan tatap muka (PTM) terbatas.

Keputusan ini didasarkan pada diturunkannya level PPKM di beberapa daerah, yang semula berada di level 4 menjadi level 1, 2, atau 3.

"Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berangsur-angsur membaik. Hal ini terlihat dari indikator penurunan kasus hingga keterpakaian tempat tidur di rumah sakit. Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, anggota MRPTNI di awal semester ini sepakat melakukan uji coba PTM," kata dia melansir laman UNS, Selasa (14/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menerangkan, diberlakukannya uji coba PTM terbatas di sejumlah perguruan tinggi negeri didasarkan pada prinsip bersyarat dan bertahap.

Kedua prinsip ini, sebut dia, terus digaungkannya kepada para rektor PTN sejak Februari 2021.

Baca juga: Nadiem Makarim Tekankan 3 Hal dalam Pelaksanaan PTM Terbatas

Alasannya, dia tidak ingin dibukanya aktivitas PTM terbatas menyebabkan klaster penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, kapasitas ruang perkuliahan hanya boleh diisi maksimal 30 persen saja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.