Kompas.com - 14/09/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi Kampus Shutterstock.comIlustrasi Kampus

KOMPAS.com -Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentu memerlukan biaya yang tak sedikit. Biaya kuliah bisa berbeda tergantung dari program studi maupun kampus yang kamu pilih.

Kabar baiknya, ada banyak peluang beasiswa yang bisa kamu raih. Mulai dari potongan uang pangkal, potongan biaya kuliah, bahkan memberikan biaya pendidikan penuh hingga uang saku. Semua tergantung beasiswa yang kamu daftar. 

Hanya saja, untuk meraih beasiswa, ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi. Selain masalah persyaratan, memahami alur dalam mencari dan pendaftar beasiswa juga perlu dipahami dengan benar.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Dilansir dari laman gocampus, ada beberapa trik dan tips bagi calon mahasiswa yang ingin mendapat beasiswa kuliah. Berikut tipsnya:

1. Incar beasiswa yang memang kamu inginkan

Cara pertama untuk mendapatkan beasiswa kuliah ialah mencari beasiswa mana saja yang memang mau kamu daftar.

Tak perlu ragu-ragu untuk mulai cari tahu kampus, jurusan, dan jenis beasiswa yang memang sesuai dan bisa kamu gapai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga bisa membuat catatan sebanyak-banyaknya. Cara ini terbilang cukup ampuh buat kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa.

2. Rutin cek website pemberi beasiswa

Setelah tahu beasiswa apa yang ingin kamu dapatkan, saatnya meluangkan waktu dan dedikasi untuk sering mengecek website pemberi beasiswa.

Mau dari institusi terkait atau dari agen pendidikan lainnya, atau kamu berencana kuliah gratis ke luar negeri, rajinlah untuk terus update.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Biasanya, sejak akhir tahun hingga masa-masa penerimaan mahasiswa baru, para pemberi beasiswa akan selalu update informasi mengenai pendaftaran beasiswa gratis yang bisa kamu dapatkan. Jadi, jangan sampai ketinggalan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.