Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Meningkatkan Potensi Diri dengan Mengembangkan Creativity Styles

Kompas.com - 13/09/2021, 16:41 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Andrea Lusi Anari dan Jihan Aulia Zahra (*)

Manusia mempunyai gaya respon terhadap cara mereka berinteraksi dengan lingkungan. Metode yang digunakan pun berbeda-beda pada setiap orangnya.

Tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, setiap gaya respon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun begitu, ada beberapa karakeristik dari gaya respon individu terhadap kebutuhannya yang selanjutnya kita sebut creativity styles.

Dari artikel 8 Tipe "Creativity Style", yang Mana Punyamu?, kita telah mengetahui apa saja tipe-tipe creativity style pada seseorang. Kini, mari bahas lebih lanjut cara untuk mengembangkan creativity style.

Selama ini, yang kita ketahui bahwa untuk beradaptasi dengan sebuah lingkungan, kita melewatinya dengan menciptakan sesuatu yang baru (innovator) atau mengadaptasi dari sesuatu yang sudah ada (adaptor).

Keduanya sama baiknya, tinggal bagaimana kita menggunakan gaya respon menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan potensi diri.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan individu untuk mempertajam kemampuannya dalam mengembangkan creativity style.

Baca juga: 4 Tipologi Grit: Kamu Termasuk yang Mana?

Terima keadaanmu dalam lingkungan baru

Sering kali, kita mengalami kesulitan untuk menerima bahwa lingkungan telah berubah. Kenyamanan yang didapatkan di masa lalu menjadi salah satu alasan mengapa kita kerap sungkan untuk menerima keadaan yang sekarang.

Padahal, dengan menerima keadaan dalam lingkungan yang baru akan membuat kita mudah beradaptasi tanpa ada paksaan. Lingkungan baru tidak melulu soal tempat atau orang-orang baru, tetapi juga dapat berupa ketentuan, peraturan, dan lainnya yang sudah berbeda dari sebelumnya.

Ketika kita sudah mulai menerima lingkungan kita, maka akan lebih mudah mengenal keadaan dan tahu apakah keadaan tersebut cocok dengan kepribadian kita atau tidak.

Setelahnya, kembali kepada diri sendiri apakah ingin mencoba mengubah lingkungan dengan menciptakan sesuatu yang baru yang nantinya dirasa lebih membuat nyaman, mengadaptasi sesuatu berdasarkan pengalaman, atau tetap mengikuti yang sudah ada tanpa mengubah apapun.

Dengarkan sekitar

Rekan-rekan kerja, terutama yang berada dalam satu tim, dapat membantumu dalam menciptakan metode baru ketika kita mengalami tantangan tertentu.

Rekan satu tim yang bekerja dengan kita setidaknya mengetahui bagaimana karakter dan kepribadian kita dalam bekerja sehingga mereka akan mengutarakan opini sesuai bagaimana mereka menilai kita.

Ajaklah rekan tim untuk berdiskusi secara rutin di mana satu tim dapat mengatasi hambatan yang berbeda selama setiap pertemuan. Diskusi ini juga dapat menjadi ajang kita meningkatkan kemampuan berkomunikasi kita.

Lakukan satu tugas berbeda setiap hari

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com