Kompas.com - 13/09/2021, 15:00 WIB
Kolaborasi Alffy Rev dan Novia Bachmid pada musik video Wonderland Indonesia. Tangkapan layar YouTube Alffy RevKolaborasi Alffy Rev dan Novia Bachmid pada musik video Wonderland Indonesia.
|

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Alffy Rev? Namanya kembali mencuat berkat mahakarya luar biasa ketika berkolaborasi dengan Novia Bachmid.

"Wonderland Indonesia", sebuah musik video karya Awwalur Rizqi Al-Firori atau dikenal dengan Alffy Rev ini berhasil trending di dunia.

Ternyata, Alffy maupun Novia adalah lulusan SMK. Profesi apapun yang dijalani hingga berhasil itu berkat terus belajar, bergerak dan bekerja sesuai dengan passion.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Mengenal Matahari dalam Tata Surya

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Minggu (12/9/2021), keberhasilan seseorang juga didukung karakter yang baik menjadi pelajar Pancasila.

Adapun salah satu perwujudan dari upaya tersebut, yakni melalui Merdeka Belajar.

Dalam “Sapa Peserta Didik SMK” yang digelar Direktorat SMK secara virtual, Rabu (8/9/2021), Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto memberikan pernyataan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, dengan populasi anak SMK yang semakin banyak, dengan semangat merdeka, dia mengajak pelajar SMK untuk berprofil pelajar Pancasila.

"Merdeka Belajar adalah memberikan kemerdekaan untuk belajar apa yang kalian sukai, apa yang menjadi passion kalian. Menjadi apa pun sesuai passion, visi, bakat, dan cita-cita kalian," jelasnya.

Dijelaskan, karakter profil pelajar Pancasila tersebut, di antaranya:

  • beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
  • berkebhinekaan global
  • gotong-royong
  • mandiri
  • bernalar kritis, berpikir, dan berkreativitas.

Pada kesempatan tersebut juga dihadirkan lulusan SMK yang berprestasi dan kompeten di bidangnya, yakni Awwalur Rizqi Al-Firori yang merupakan alumni dari SMKN 9 Surabaya dan Novia Noval Bachmid, jebolan SMK Paramitha 1 Jakarta.

Baca juga: Sukses di Usia Muda, Ini Saran Nadiem untuk Siswa dan Mahasiswa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.