Kompas.com - 10/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi yang kian pesat membuat informasi semakin mudah didapat. Mencari ide, mengumpulkan bahan untuk membuat tugas kuliah atau skripsi, bisa dilakukan dari rumah, dengan cara mengakses situs jurnal ilmiah atau perpustakaan maya misalnya.

Namun, sering kali ditemukan adanya plagiarisme dalam jurnal maupun skripsi mahasiswa tanpa disengaja. Seperti menyadur ide, naskah, atau tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumber.

Padahal, plagiarisme bisa dianggap melanggar hak cipta dan masuk dalam tindak pidana.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan keaslian karya atau kutipan yang terdapat dalam jurnal dan skripsi agar tidak masuk dalam tindakan plagiarisme.

Baca juga: ITS Masuk 8 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Merangkum laman Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut ini beberapa rekomendasi website cek plagiarisme dengan tingkat akurasi yang tinggi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Unicheck

Salah satu situs yang mampu mendeteksi plagiarisme dengan akurasi tinggi adalah Unicheck. Situs ini memberikan pelayanan yang mudah.

Namun, untuk dapat melihat hasil pengecekan, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Situs ini memberikan masa percobaan gratis bagi pengguna baru dan jika kamu tertarik untuk terus menggunakannya, kamu bisa membayar biaya berlangganan.

2. PaperRater

Tidak hanya mampu mendeteksi plagiat, situs PaperRater juga mampu mendeteksi tata bahasa secara gratis. Kamu bisa mendeteksi adanya kesalahan pada penulisan ataupun tata bahasa yang terdapat dalam dokumen.

Baca juga: Mahasiswa D3-S2, Ada Beasiswa Bantuan Biaya Kuliah dan Tugas Akhir

Situs ini cocok digunakan oleh pelajar yang ingin memeriksa keaslian jurnal atau karya ilmiahnya. Sehingga karya ilmiah dapat terjamin keasliannya tanpa terdeteksi adanya plagiarisme dan juga kesalahan dalam penulisan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.