Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2021, 15:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia terus berbenah agar bisa memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dengan sejumlah negara maju lainnya.

Dalam hal ini, kualitas pendidikan terbaik di dunia ditentukan berdasarkan survei global yang berhubungan dengan persepsi.

Survei ini untuk mengumpulkan skor pada berbagai indikator keberhasilan sebuah lembaga perguruan tinggi.

Indikator tersebut adalah sistem pendidikannya, popularitas universitas bagi mahasiswa internasional. Hingga kemampuan negara pada Universitas tersebut untuk menyediakan kualitas bermutu.

Baca juga: 6 Kampus Ini Berencana Adakan PTM Terbatas

Bagi anak muda, memilih kualitas pendidikan terbaik adalah hal penting. Karena pendidikan menjadi modal utama menjadi seorang pemimpin di dunia. Melansir dari laman ican-education, Jumat (10/9/2021), ada sejumlah negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Mau tahu negara mana saja yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi? Yuk simak bersama informasi mengenai 6 negara dengan kualitas terbaik berikut ini.

Negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia

1. Amerika Serikat

Selama dua tahun berturut-turut, Amerika Serikat selalu menjadi negara yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik nomor 1 di dunia.

Sistem pendidikan negeri di Amerika Serikat sebagian besar dibiayai oleh pemerintah federal dan merupakan biaya hasil pajak properti negara bagian.

Pelajar harus mengikuti sistem pendidikan sampai grade 13 dari taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Terdapat hingga 70 persen pelajar Menengah Atas lulus dan melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi menurut National Center For Education Statistics.

Amerika Serikat juga merupakan rumah bagi 8 dari 10 universitas terbaik di dunia menurut U.S. News.

Baca juga: Peringati Haornas, Rektor UNS Raih Penghargaan dari Kemenpora

2. Inggris

Sistem pendidikan di Inggris adalah wajib mulai dari usia 5 tahun sampai 16 tahun. Dengan menerapkan kurikulum nasional, terdapat empat tingkat pendidikan yang berlaku di negara tersebut.

Menurut U.S News, Inggris menawarkan sistem pendidikan terbaik sekaligus menjadi negara yang mempunyai dua universitas yang masuk pada peringkat top 10 Universitas Global terbaik dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com