Kompas.com - 10/09/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi ujian berbasis komputer. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOIlustrasi ujian berbasis komputer.

 

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) secara resmi telah merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional (AN) pada akhir Agustus 2021.

Mengingat Asesmen Nasional akan dilaksanakan berbasis komputer, apakah orangtua dan siswa sudah mengetahui bagaimana mekanisme pengerjaan soal-soal AN menggunakan komputer?

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, simak tahapan pengerjaan di bawah ini:

1. Laman login

Pada laman ini peserta wajib memasukkan username dan password yang didapat dari laman anbk.kemdikbud.go.id. Pastikan username dan password sudah sesuai.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

Setelah login pastikan membaca petunjuk pengerjaan soal dengan saksama pada kolom di sebelah kiri. Setelah itu peserta diminta memasukkan nama, tanggal lahir, dan token pada kolom konfirmasi data peserta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk ANBK dengan sistem daring, token akan muncul pada pojok kiri atas. Sedang untuk moda semi daring, kode token tidak akan muncul melainkan didapat melalui proktor. Selanjutnya, peserta menekan tombol submit untuk menuju konfirmasi tes. Klik tombol mulai untuk mengerjakan tes.

2. Halaman tes

Dalam halaman tes terdapat beberapa tombol navigasi yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Peserta akan dapat melihat informasi username peserta yang sedang mengerjakan soal pada pojok kanan atas, kemudian melihat nomor soal yang sedang dikerjakan, pengaturan ukuran tulisan, sisa waktu pengerjaan, daftar soal, tombol sebelumnya, tombol ragu-ragu, tombol berikut.

Pada bagian tengah halaman tes, tampilan utama yang muncul adalah tampilan soal yang terdiri dari wacana/stimulus, pertanyaan, dan pilihan atau isian jawaban.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Ini Link Contoh Soal SD-SMA

3. Perpindahan tingkatan (stage)

Pada setiap tes literasi dan numerasi ANBK, peserta akan melewati 3 tingkatan di mana tahap awal akan diberikan soal pada tingkatan sedang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.