Kompas.com - 09/09/2021, 12:32 WIB
Daun jambu biji, salah satu obat sakit gigi alami. freepikDaun jambu biji, salah satu obat sakit gigi alami.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kejadian kanker mulut di Asia Tenggara tergolong tinggi, bahkan kanker mulut menduduki posisi tertinggi dari enam jenis keganasan yang sering terjadi pada negara Asia.

Tak hanya menyerang usia lanjut, kanker mulut pun dapat terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Pakar UGM: Varian Mu Tidak Seganas Delta

Di era dengan persebaran informasi yang begitu bebas ini, berita yang tidak tepat mengenai kanker mulut dapat menjadi pemicu gangguan kecemasan, termasuk pada fobia.

Penelitian itu dilakukan tim mahasiswa UGM yang terdiri dari Freisiane Rachmalia Sadono (Kedokteran Gigi 2019), Annisa Oktaviani Guntara (Kedokteran Gigi 2018), Nenny Rahma Dwi Cahya (Farmasi 2018), dan Lulu’ul Jannah (Psikologi 2018).

Freisiane mengatakan, daun jambu biji sebagai pereda kecemasan akibat fobia kanker mulut, setelah mereka melakukan penelitian indikasi kejadian fobia kanker mulut di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Banyaknya masyarakat yang takut akan kanker menjadi alasan mereka mengungkap indikasi kejadian fobia kanker mulut.

"Kami ingin memberikan kontribusi supaya indikasi fobia kanker mulut pada beberapa kalangan dapat diredakan. Besar harapannya agar masyarakat lebih aware terhadap fobia kanker mulut," kata Freisiane melansir laman UGM, Kamis (9/9/2021).

Penelitian di bawah bimbingan Hendri Susantoini merupakan ajang kompetisi yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek, yaitu Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Eksakta didanai tahun 2021.

Menurut Freisiane, indikasi kejadian fobia kanker mulut memang dialami sebagian besar masyarakat.

Baca juga: Kebocoran Data Jokowi, Pakar Unair: Indonesia Kurang Cyber Security

Hasil penelitiannya di DIY, terdapat 24,3 persen masyarakat terindikasi rendah, 63,1 persen terindikasi sedang, dan 12,6 persen terindikasi tinggi dari total 103 partisipan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.