Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2021, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membuat semua perusahaan harus segera beradaptasi. Bahkan, untuk keperluan kesehatan, pendidikan dan belanja sekalipun bisa dilakukan secara online.

Sekarang ini saja, banyak aplikasi yang bisa diunduh kapan saja untuk keperluan sehari-hari. Tak heran, dalam satu aplikasi saja bisa diunduh ribuan bahkan jutaan orang.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Cangkang Kerang Jadi Pupuk Organik

Tentu aplikasi semacam ini selain perlu meningkatkan perlindungan data karena
setiap hari selalu ada data-data baru yang tercatat di database, sehingga proses pencatatan hingga analisis data merupakan suatu hal yang sangat penting.

Saat ini beberapa pekerjaan di bidang IT sangat banyak membutuhkan pekerja tambahan.

Beberapa sektor seperti Backend Developer naik sebanyak 22 kali lipat jumlah pekerja yang dibutuhkan. Begitu juga sektor lainnya seperti Data Scientist, Android Developer, juga masih banyak membutuhkannya.

“Sebelumnya orang-orang tidak aware dengan data, tapi saat ini data sangat berperan penting untuk menentukan kepentingan bisnis. Sehingga di Indonesia angkanya naik sebesar 20 persen,” Kata Analis Data Ruparupa.com, Tantut Wahyu Setyoko, dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair) saat mengisi acara.

Memulai karir sebagai analisis data (computer engineering), maka wajib paham terkait big data. Menurut Tantut, big data merupakan salah satu parameter kesuksesan dari suatu yang akan kita rintis.

Baca juga: Orangtua, Ini Tips Maksimalkan Teknologi untuk Pendidikan Anak

Sebagai contoh dalam pembuatan website kita sebagai perintis wajib mengetahui segmen pasar atau pengguna yang akan dituju. Sehingga sangat perlu untuk berkolaborasi dengan orang-orang pemasaran.

“Jika sudah membuat apps tapi tidak ada yang menggunakan, itu sama saja membangun rumah tapi tidak ada yang menempatinya,” ujar Tantut.

Penggunaan internet oleh sebagian besar masyarakat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seorang analis data.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+