Kompas.com - 05/09/2021, 14:40 WIB
Kemendikbud Ristek memberikan panduan protokol kesehatan yang harus diterapkan satuan pendidikan dalam pelaksanaan PTM terbatas pada tahun ajaran baru mendatang. Tangkap layar Instagram Kemdikbud RistekKemendikbud Ristek memberikan panduan protokol kesehatan yang harus diterapkan satuan pendidikan dalam pelaksanaan PTM terbatas pada tahun ajaran baru mendatang.
|

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Tahap 1 di lingkungan Pemprov DKI Jakarta mulai digelar pada Senin (30/8/2021).

Hanya saja, pelaksanaan di lapangan ada sekolah yang melanggar aturan. Sehingga Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat menghentikan PTM Terbatas di sekolah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, jajarannya telah menyelidiki pihak SDN 05 Jagakarsa, Jakarta Selatan, tak lama setelah tersebarnya video yang menunjukkan adanya pelanggaran aturan.

Baca juga: Ini Jadwal PTM Terbatas di DKI Jakarta

Yakni tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, dalam hal ini tidak memakai masker dengan benar, selama proses pembelajaran berlangsung.

Atas pelanggaran tersebut, Nahdiana menegaskan, kegiatan PTM Terbatas di SDN 05 Jagakarsa harus dihentikan.

"Dihentikan sementara, karena tidak sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk dievaluasi kembali," ujar Nahdiana seperti dikutip dari laman Disdik DKI Jakarta, Sabtu (4/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini tentu menjadi pembelajaran bersama untuk setiap satuan pendidikan agar mematuhi proses ketentuan yang ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Harapannya agar semuanya memenuhi kedisiplinan protokol kesehatan, terutama untuk keamanan anak dan warga sekolah lainnya.

Adapun aturan penghentian sementara PTM Terbatas Tahap 1 ini telah dituangkan pada Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. 883 Tahun 2021.

Yakni tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap 1 pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Diktum Kelima.

Baca juga: Mulai Besok, DKI Jakarta Berlakukan PTM Terbatas di 610 Sekolah

Isinya yaitu Satuan Pendidikan yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan bagi warga satuan pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kedua (menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan) akan dilakukan penghentian sementara kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap 1.

Pada masa penghentian sementara, Disdik DKI Jakarta akan melakukan proses verifikasi kembali sampai satuan pendidikan tersebut dinyatakan siap melaksanakan PTM Terbatas.

"Kami akan terus berkomitmen melakukan monitoring dan evaluasi agar hal serupa tidak terjadi lagi," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.