Kompas.com - 05/09/2021, 08:05 WIB
Buah salak paulprescott72Buah salak
|

KOMPAS.com - Buah-buahan mengandung banyak vitamin. Tetapi, selain buah, kulitnya juga punya manfaat. Seperti halnya kulit buah salak.

Oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), limbah kulit salak diolah menjadi permen yang aman kaya kandungan gizi termasuk antidiabetes bernama Salacca Soft Candy.

Menurut Aulia Nur Aeni Kholisoh, mahasiswa Fisipol UGM pengembang limbah kulit salak, ide awal pembuatan permen tersebut bermula saat melihat nasib petani salak yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya petani salak di Srumbung, Magelang Jawa Tengah.

Baca juga: Jadi Obat Herbal Antivirus SARS-CoV-2, Mahasiswa UGM Teliti Tanaman Pegagan

Sejak pandemi, petani salak di daerah itu mengalami penurunan pendapatan dari penjualan salak. Padahal salak merupakan andalan di wilayah tersebut.

Bersama dengan ketiga temannya, yakni Ginna Ervarizki (FIB), Nafis Muhimmatul 'Ulya (Fakultas Biologi), dan Vera Nurohmah Indrawati (Fakultas Biologi) berupaya mencari solusi untuk mengolah buah salak menjadi produk olahan yang tahan lama dan bernilai ekonomis.

Mereka kemudian mendapat ide untuk memanfaatkan buah sekaligus kulit salak untuk diolah menjadi permen yang sehat dan aman dikonsumsi, termasuk mencegah diabetes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari beberapa literatur disebutkan bahwa kulit salak mengandung zat bioaktif seperti flavonoid, fenolik, zat aktif lainnya yang berfungsi antioksidan.

Saat ini diabetes melitus masih menjadi ancaman kesehatan masyarakat dunia. Data WHO mencatat pada 2014 terdapat 422 juta jiwa penderita diabetes di seluruh dunia.

Bahkan diprediksi pada 2045 akan mencapai 629 juta jiwa di seluruh dunia jika tidak dilakukan intervensi.

Oleh sebab itu keempat mahasiswa ini membuat makanan yang sehat dan memiliki kandungan anti diabetes.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.