Kompas.com - 05/09/2021, 07:20 WIB
Ilustrasi Pelajar SMP KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi Pelajar SMP

KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X sangat berhati-hati dalam memutuskan kebijakan pembelajaran tatap muka bagi para pelajar.

Sri Sultan mengatakan belum akan mengizinkan pembelajaran tatap muka jika kasus positif Covid-19 di wilayahnya masih fluktuatif. Ia juga mengatakan sebelum vaksinasi pelajar selesai, pemerintah DIY belum berkeinginan membuka pembelajaran secara tatap muka.

"Tatap muka belum. Kalau masih terus fluktuatif belum berani. Nanti vaksin untuk pelajar biar selesai, biarpun hanya sekali (dosis pertama)," katanya.

Program vaksinasi untuk pelajar di DIY terus berjalan hingga saat ini, baik dari pemerintah DIY maupun Badan Intelijen Negara (BIN) simultan melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Sekolah di Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh Tatap Muka Terbatas

Sri Sultan berharap, dengan percepatan vaksinasi pelajar tersebut maka akan meningkatkan imunitas para pelajar saat mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Vaksin untuk meningkatkan imunitas, jadi itu harus dilaksanakan," jelas Sultan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya mengatakan dari segi kesiapan fasilitas penunjang penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan sekolah, hampir semua instansi sekolah dikatakan Didik sudah memenuhi syarat.

Namun saat ini DIY masih termasuk ke dalam level 4 atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah.

Sehingga pembelajaran tatap muka masih menunggu diturunkannya level PPKM menjadi level 3.

Sembari menunggu kabar baik penurunan level tersebut, Disdikpora DIY terus mengejar target vaksinasi pelajar.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.