Kompas.com - 04/09/2021, 20:50 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem saat menutup gelaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 pada Sabtu, 4 September 2021. DOK. PUSPRESNASMendikbud Ristek Nadiem saat menutup gelaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 pada Sabtu, 4 September 2021.

KOMPAS.com - Dalam acara penutupan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengingatkan siswa bahwa kebudayaan Indonesia merupakan kekuatan besar Indonesia.

Oleh karenanya, dalam seremoni penutupan FLS2N 2021 yang digelar pada Sabtu, 4 September 2021, Mendikbud Nadiem mengajak siswa untuk bangga dan sekaligus menjaga budaya dan tradisi dengan tetap terbuka dan menjunjung kebinekaan global. 

"Selama ini kesenian dan kebudayaan menjadi kekuatan terbesar Indonesia. Bangsa kita memiliki seni budaya dan tradisi yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Tidak hanya indah, seni dan budaya juga menyimpan nilai-nilai kearifan lokal yang luhur," ungkap Nadiem Makarim.

"Saya berharap adik-adik bisa menjadi pelajar yang bangga dengan budaya dan tradisi Indonesia. Dan di saat yang sama tetap terbuka dan menghargai kebudayaan bangsa lain. Ini adalah contoh dari profil kebinekaan global," tambahnya lagi.

Profil Pelajar Pancasila yang menjunjung nilai bhinneka tunggal ika sekaligus kebinekaan global, lanjut Mendikbud Ristek Nadiem, menjadi karakter yang dibutuhkan dalam memajukan Indonesia di masa mendatang.

Baca juga: FLS2N 2021: Seni Pulihkan Negeri Pantik Semangat Siswa di Tengah Pandemi

"Oleh karena itu, adik-adik yang sudah berpartisipasi dalam FLS2N sesungguhnya adalah para juara yang akan membawa Indonesia yang menang di panggung dunia," puji Mendikbud Ristek. 

Lebih lanjut Nadiem menyampaikan, kolaborasi yang telah terjalin dalam FLS2N 2021 ini dapat semakin kuat dalam mendukung talenta prestasi Indonesia, khususnya di bidang seni.

"Saya yakin cita-cita Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh akan tercapai jika para pelajar kita merdeka dalam belajar berbudaya. Mari terus bergerak serantak mewujudkan Merdeka Belajar," pungkas Mas Menteri Nadiem Makarim.

"Seni Pulihkan Negeri"

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.