Kompas.com - 04/09/2021, 19:35 WIB
Pengumuman para pemenang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara daring, Sabtu, 4 September 2021. DOK. PUSPRESNASPengumuman para pemenang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara daring, Sabtu, 4 September 2021.

 

KOMPAS.com - Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2021 secara resmi telah ditutup pada Sabtu, 4 Desember 2021. Penutupan secara daring secara resmi ditutup oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

"Saya selalu meyakini bahwa seni membangun energi positif dan rasa bahagia yang akan membuat kita semua lebih optimis untuk melewati ujian dan rasa sakit," ungkap Mendikbud Nadiem.

"Nilai-nilai dari berkesenian dapat membentuk sikap waspada namun tidak mudah curiga, saling menjaga, dan menyadari bahwa ada hikmah di balik setiap kesulitan yang kita hadapi," tambahnya.

FLS2N merupakan ajang kompetisi bidang seni diikuti peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus (Diksus).

Jumlah peserta terdaftar pada FLS2N 2021 sebanyak 1.883 siswa dengan total karya masuk ke panitia sebanyak 1.220 karya.

Untuk jenis lombanya, pada jenjang SD terdapat lima jenis kesenian yang akan dilombakan antara lain seni tari, menyanyi tunggal, kriya anyam, gambar bercerita, dan pantomim yang diikuti oleh 256 siswa dengan jumlah 160 karya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada jenjang SMP, ada lima lomba kreativitas tari, lomba menyanyi solo, gitar duet, musik tradisional, dan desain poster yang akan diikuti oleh 467 siswa dengan 167 karya yang sudah terdaftar.

Pada jenjang SMA, peserta yang terdaftar sebanyak 414 siswa dengan 369 karya yang terdiri dari 11 lomba seni yaitu baca puisi, cipta lagu, desain poster, film pendek, gitar solo, komik digital, ktiya, monolog, tari kreasi, vokal solo putra, dan vokal solo putri.

Sementara itu, peserta SMK yang terdaftar sebanyak 405 siswa dengan 281 karya yang sudah masuk ke panitia dengan delapan lomba seni diantaranya menyanyi solo, gitar solo, film pendek, monolog, tari tradisional, musik tradisi daerah, cipta lagu, dan seni lukis.

Baca juga: FLS2N 2021: Seni Pulihkan Negeri Pantik Semangat Siswa di Tengah Pandemi

Pada pendidikan khusus, untuk SDLB ada lomba menyanyi dan melukis. Untuk SMPLB dan SMALB ada lomba cipta baca puisi, cipta komik strip, desain grafis, melukis, menari, menyanyi, MTQ, dan pantomim. Jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 341 siswa dengan 243 karya.

Seperti tahun sebelumnya, FLS2N 2021 juga diikuti oleh peserta didik dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) mulai tingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah.

Jumlah peserta SILN tahun ini sebanyak 99 siswa dari jenjang pendidikan dasar dan 61 siswa dari jenjang pendidikan menengah. SILN yang berpartisipasi dalam FLS2N 2021 di antaranya dari Saudi Arabia, Malaysia, Filipina, Thailand, Mesir, Myanmar, dan Singapura.

FLS2N tahun ini melibatkan 355 juri di tingkat daerah dan 150 juri tingkat nasional yang terdiri dari para seniman, budayawan, akademisi, dan praktisi.

10 provinsi medali terbanyak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.