Kompas.com - 03/09/2021, 12:06 WIB
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021, secara daring, mengangkat tema ?Seni Pulihkan Negeri?. DOK. PUSPRESNASPusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021, secara daring, mengangkat tema ?Seni Pulihkan Negeri?.

KOMPAS.com - Di tengah masa pandemi, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek berkomitmen menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021, secara daring, mengangkat tema “Seni Pulihkan Negeri”.

Melalui tema ini , FLS2N 2021 diharapkan mampu memantik semangat tanpa lelah para siswa untuk terus berjuang dan terus berdiri tegak menghadapai Covid-19 dengan berkesenian.

“Selamat kepada adik-adik yang terus berprestasi di tengah pandemi ini. Lanjutkan prestasi kalian. Jadikan seni sebagai gaya hidup kalian dan sebagai pegangan kalian untuk berkembang,” terang Sesjen Suharti dalam sambutan pembukaan FLS2N 2021 (31/8/2021).

Suharti juga mengapresiasi semua pihak termasuk guru, pembimbing, orangtua, dan Puspresnas yang terus berupaya menemukan talenta-talenta generasi muda yang akan memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

Ia menambahkan, seni merupakan aktualisasi diri yang tidak muncul dengan sendirinya. Menurutnya, seni harus digali dan dijadikan sebagai gaya hidup dan menjadi pegangan untuk terus berkembang.

“Seni perlu menjadi kegiatan yang terus-menerus sepanjang tahun. Kita tidak ingin seni hanya sebatas bergerak di waktu-waktu tertentu saja meskipun tidak dalam konteks kejuaraan, olimpiade, atau festival. Berseni bisa dilakukan dari hari ke hari,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kesempatan sama,  Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Judi Wahjudin mengatakan pada masa pandemi Covid-19, seni dapat meningkatkan imun tubuh sehingga menjadi energi positif.

Baca juga: Puspresnas: 53 Prestasi Internasional Diraih Pelajar Indonesia di Tengah Pandemi 2021

 

“Untuk itu, mari kita maknai seni sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan, gagasan, kreativitas melalui bahasa seni, baik itu seni tari, seni kriya, maupun pertunjukan puisi dan lagu. Sejatinya ada pesan inspiratif yang disampaikan,” imbuhnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengungkapkan dengan moto "Jujur itu Juara, Menolak Menyerah, dan Berprestasi dari Rumah", pihaknya terus berupaya membangun generasi tangguh dalam menggapai prestasi melalui berbagi kompetisi, yang menaungi setiap bakat dan talenta.

“Kita terus melakukan upaya-upaya perbaikan pendidikan ke arah yang lebih baik dengan terwujudnya generasi yang berprestasi melalui lomba dan Kompetisi di semua jenjang, salah satunya adalah FLS2N,” kata Asep Sukmayadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.