Kompas.com - 02/09/2021, 15:16 WIB
Kombucha ITB Dok. ITBKombucha ITB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mendorong setiap orang untuk menerapkan gaya hidup sehat. Selain menaati protokol kesehatan, mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meningkatkan imun juga perlu dilakukan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Mencoba menghadirkan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal Covid-19, mahasiswa Mikrobiologi ITB 2018 melakukan penelitian tentang minuman teh fermentasi atau sering disebut Kombucha.

Dikenal sebagai minuman fermentasi tradisional yang bercita rasa khas sebagai probiotik, Kombucha juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Manfaat Kombucha

Dijelaskan, Kombucha adalah minuman fermentasi tradisional yang memakai symbiotic culture of bacteria and yeast (SCOBY) dengan metode back-slooping atau kultur murni.

Istilah Kombucha berasal dari kata “kombu” diambil dari nama penemu ramuan obat minuman teh untuk tantara Jepang Inyoko yakni Dr. Kombu dan “Cha” diambil dari bahasa China yang berarti teh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Dosen Departemen Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia, Kusnadi, fermentasi Kombucha dilakukan oleh bantuan konsorsium mikroba di antaranya ragi (Saccharomyces dan Schizosaccharomyces), bakteri asam laktat (Lactobacillus sp.), dan bakteri asam asetat (Gluconobacter sp. Dan Acetobacter spp.).

Proses fermentasi dilakukan selama 10-14 hari untuk menghasilkan produk asam-asam organik, alkohol, dan lapisan nata.

Menurut Kusnadi manfaat Kombucha di antaranya, sebagai detoksifikasi-antioksidan memperbaiki fungsi hati, aktivitas antimikroba, menstimulus sistem imun Covid-19, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi radang sendi (artritis), dapat digunakan sebagai diet dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Waktu Terbaik Melamar Kerja Versi Kemenaker, Fresh Graduate Harus Tahu

Kombucha populer di beberapa negara

Owner Wiki Kombucha Bali, I Putu Adi mengatakan bahwa berdasarkan data, Kombucha sekarang populer sebagai minuman kesehatan di beberapa negara di antaranya, Amerika Utara, China, Kanada, Selandia Baru, Australia dan Jerman.

Di tahun 2020, tercatat ada 121 merek produk kombucha di 22 negara dengan Indonesia. Produksi Kombucha di Indonesia tidak sebanyak di negara lain dan masih dalam proses pengembangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.