Kompas.com - 02/09/2021, 14:20 WIB
SMPN 4 Depok, Sleman, DIY membuat inovasi KEPAKEL Jogo Tonggo dengan mengajarkan siswa tentang ketahanan pangan keluarga dan berbagi dengan sesama. Dok. SMPN 4 DepokSMPN 4 Depok, Sleman, DIY membuat inovasi KEPAKEL Jogo Tonggo dengan mengajarkan siswa tentang ketahanan pangan keluarga dan berbagi dengan sesama.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung lebih dari 1,5 tahun. Meski para siswa masih mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), sekolah berupaya memberikan nilai-nilai lain selain bidang akademik.

Seperti salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Sleman, DIY, SMPN 4 Depok mengajarkan siswanya untuk menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19.

Tak hanya bermanfaat bagi seluruh keluarga, komoditas yang dibudidayakan siswa juga bisa membantu tetangga mereka.

Inovasi dari SMP Negeri 4 Depok Sleman ini disebut 'KEPAKEL Jogo Tonggo' di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Siswa, Selain Alexander Graham Bell 2 Ilmuwan Ini Juga Temukan Telepon

Laksanakan inovasi kepakel jogo tonggo

Menurut Waka Sarpras dan Humas SMPN 4 Depok Kabupaten Sleman DIY, Lilik Mardiningsih, KEPAKEL adalah akronim dari Ketahanan Pangan Keluarga. Sedangkan jogo tonggo berasal dari bahasa jawa, jogo dan tonggo. Jogo artinya jaga dan tonggo artinya tetangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jogo tonggo dibuat untuk saling menjaga antartetangga terutama di masa pandemi seperti saat ini," kata Lilik kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Lilik menerangkan, melalui kegiatan ini, siswa diajarkan agar memiliki cadangan sumber makanan sebagai bentuk ketahanan pangan.

Misalnya, saat harga cabai naik, dengan adanya penanaman di lingkungan sekitar rumah tentu bermanfaat untuk keluarga karena tidak terimbas kenaikan harga cabai.

Kegiatan ini juga dapat memupuk rasa sosial dan kepedulian dengan tetangga di lingkungan sekitar.

"Inovasi ini dilaksanakan oleh siswa kelas VII dan VIII dan dimasukan dalam kegiatan Pramuka. Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan KEPAKEL Jogo Tonggo dilakukan di rumah masing-masing siswa," beber Lilik.

Baca juga: Rektor UAJY: Digital Skill dan Soft Skill Jadi Modal Meraih Sukses

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.