PENDIDIKAN

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, SMPN 3 Gamping Yogyakarta Vaksinasi 399 Siswa

Kompas.com - 02/09/2021, 09:51 WIB
Persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 3 Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DOK. SMP Negeri 3 Gamping YogyakartaPersiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 3 Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah mempersiapkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah melakukan vaksinasi kepada 399 siswa atau setara 70,99 persen dari total siswa.

Vaksinasi yang merupakan hasil kerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gamping 2 tersebut dilakukan pada Senin (26/7/2021) untuk dosis pertama dan Senin (23/8/2021) untuk dosis kedua.

Kepala SMPN 3 Gamping Ris Santosa mengatakan, dari total 562 siswa, terdapat 163 siswa yang belum divaksin karena alasan tertentu.

“(Alasan) pertama, saat ada program vaksin di sekolah, (siswa) baru saja isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19 atau memilik komorbid. Kedua, tidak mendapat izin dari orangtua. Ketiga, masih belum cukup umur atau berusia kurang dari 12 tahun,” papar Ris Santosa kepada Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Sebagai informasi, vaksinasi pelajar merupakan salah satu syarat utama dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas di DIY.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: PTM Terbatas Beda dengan Sekolah Biasa, Ini Aturannya

Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menegaskan, daerah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 boleh menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Melansir Kompas.com, Rabu (25/8/2021), Nadiem mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk memberlakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Lantaran DIY masih berstatus daerah dengan PPKM level 4, maka PTM terbatas belum dapat dilakukan.

Melansir Tribun Jogja, Sabtu (14/8/2021), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas di DIY belum akan digelar sebelum seluruh siswa mendapatkan vaksin Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.