Kompas.com - 01/09/2021, 11:39 WIB
Kegiatan pembelajaran tatap muka yang sempat digelar di salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANKegiatan pembelajaran tatap muka yang sempat digelar di salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekonologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan sekolah-sekolah yang berada di wilayah PPKM level 1-3 diizinkan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Mendengar kabar itu, Epidemiolog UGM Bayu Satria Wiratama angkat bicara.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Cepat Perguruan Tinggi Buka PTM Terbatas

Dia menyebut PTM terbatas harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut dia, PTM terbatas di level manapun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Karena, upaya testing, tracing, dan treatment (3T) di seluruh wilayah tanah air belum berjalan dengan baik, meski sudah ada peningkatan dibanding sebelum PPKM.

"Semua level PPKM kalau pembelajaran tatap muka harus disiplin dengan protokol dan melaksanakan uji coba dulu, kemudian di evaluasi oleh semua pihak termasuk pihak kesehatan," kata dia melansir laman UGM, Rabu (1/9/2021).

Di samping disiplin protokol kesehatan saat PTM terbatas, dia mengatakan sistem tanggap dan pengawasan Covid-19 di sekolah harus berjalan dengan baik.

Dengan begitu, sebut dia, bisa cepat mendeteksi siswa yang diduga terkena Covid-19.

Selain itu, ditunjang juga dengan pengawasan kedisplinan 5M dari semua warga sekolah, termasuk staf non guru dan orangtua.

Baca juga: Sekolah Perhatikan 5 Kunci Pelaksanaan PTM Terbatas

"Kemudian ditunjang dengan memastikan sebagian besar warga sekolah yang terlibat pembelajaran tatap muka sudah divaksin," tambah dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.