Kompas.com - 30/08/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Bila kamu beranggapan bahwa menjadi anggota organisasi seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) akan membuang waktu belajar, justru aktif berorganisasi akan mengasah skill dan pengalaman yang bisa menjadi bekal saat melamar kerja.

Walau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi tolak ukur kompetensi calon pelamar kerja, namun pengalaman organisasi kampus dapat menjadi poin yang turut mendongkrak nilai IPK.

Bukan tanpa alasan mengapa pihak HRD kerap menjadikan pengalaman organisasi ini menjadi salah satu pertimbangan saat menyeleksi karyawan khususnya para "fresh graduate".

Merangkum Rencanamu.id, inilah alasan mengapa pengalaman organisasi perlu kamu miliki selama masih menjadi mahasiswa.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

1. Memperkaya CV

Aktif berorganisasi di kampus menunjukkan bahwa kamu memiliki kontribusi untuk lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Kontribusi inilah yang dilihat oleh perusahaan, bahwa kamu melakukan sesuatu tak hanya karena ada balasan uang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, aktif berorganisasi akan mengasah kemampuan kamu mengatur waktu, antara mengerjakan tugas kuliah dan tugas organisasi. Kemampuan mengatur waktu ini juga yang menjadi nilai plus di mata para perusahaan, terutama bila IPK yang didapat juga bagus.

Dengan berorganisasi, kamu juga dianggap terbiasa bekerja sama dengan orang lain (team work) untuk mencapai tujuan bersama. Kurang lebih, apa yang kamu kerjakan di organisasi akan sama dengan dunia kerja. Sehingga pengalaman ini dianggap mirip dengan pengalaman kerja.

2. Memberi bekal "soft skill" gratis

Ada banyak pelatihan yang menawarkan sertifikat soft skills. Namun, kamu bisa mendapatkannya secara cuma-cuma melalui pengalaman berorganisasi.

Soft skills yang akan didapat antara lain kemampuan mengatur waktu, komunikasi, bekerja sama dengan orang lain, kemampuan adaptasi, kemampuan mengontrol diri dan sebagainya.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Kemampuan tersebut umumnya hanya dipelajari secara terori di kelas. Sedangkan di organisasi, kamu akan belajar mengaplikasikan teori tersebut dalam dunia nyata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.