Kompas.com - 30/08/2021, 15:29 WIB
Ilustrasi bahasa inggris to be was were shutterstockIlustrasi bahasa inggris to be was were

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat menguasai bahasa Inggris. Selain menjadi syarat mendapat beasiswa hingga masuk dunia kerja, kemampuan bahasa Inggris juga membuat kamu lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Namun, selain memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui bagaimana pelafalan atau cara mengucapkan setiap kata dengan benar. Pasalnya, ada sejumlah kata sederhana dalam bahasa Inggris yang masih salah baca.

Melansir laman Bristish Council Foundation, ada 5 kata dalam bahasa Inggris yang paling sering salah pengucapan. Pasalnya, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki 26 huruf yang amat berbeda dalam hal pengucapan.

Baca juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Bahasa Indonesia sendiri merupakan salah satu bahasa fonetis, yang artinya pelafalan setiap kata sama persis dengan ejaan dan bunyi setiap huruf.

Sebab itulah bahasa Indonesia mudah dipahami—dengan mendengar atau melihat suatu kata, kita dapat langsung mengetahui ejaan ataupun pelafalannya. Namun, tidak dengan bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah beberapa kata yang paling sering keliru diucapkan beserta petunjuk pelafalan yang benar untuk membantu kalian yang sedang mempelajari bahasa Inggris:

1. Stomach

Digraf, atau huruf rangkap, ch seringkali dibunyikan tj—seperti dalam kata chicken, chair, dan beach. Pembelajar bahasa Inggris kerap menerapkan pola yang sama pada kata stomach.

Namun, cara ini keliru karena ch dalam stomach sebetulnya berbunyi k seperti black, duck, dan trick. Jadi, pengucapan stomach yang benar adalah sto-mek.

2. Answer

Kata ini adalah satu contoh dari banyak kata lain dalam bahasa Inggris dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan—alias tidak diucapkan sama sekali.

Dalam hal answer, huruf w diabaikan sehingga pengucapan yang tepat adalah an-ser.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.