Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kata Bahasa Inggris Ini Paling Sering Salah Ucap

Kompas.com - 30/08/2021, 15:29 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat menguasai bahasa Inggris. Selain menjadi syarat mendapat beasiswa hingga masuk dunia kerja, kemampuan bahasa Inggris juga membuat kamu lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Namun, selain memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui bagaimana pelafalan atau cara mengucapkan setiap kata dengan benar. Pasalnya, ada sejumlah kata sederhana dalam bahasa Inggris yang masih salah baca.

Melansir laman Bristish Council Foundation, ada 5 kata dalam bahasa Inggris yang paling sering salah pengucapan. Pasalnya, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki 26 huruf yang amat berbeda dalam hal pengucapan.

Baca juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Bahasa Indonesia sendiri merupakan salah satu bahasa fonetis, yang artinya pelafalan setiap kata sama persis dengan ejaan dan bunyi setiap huruf.

Sebab itulah bahasa Indonesia mudah dipahami—dengan mendengar atau melihat suatu kata, kita dapat langsung mengetahui ejaan ataupun pelafalannya. Namun, tidak dengan bahasa Inggris.

Berikut adalah beberapa kata yang paling sering keliru diucapkan beserta petunjuk pelafalan yang benar untuk membantu kalian yang sedang mempelajari bahasa Inggris:

1. Stomach

Digraf, atau huruf rangkap, ch seringkali dibunyikan tj—seperti dalam kata chicken, chair, dan beach. Pembelajar bahasa Inggris kerap menerapkan pola yang sama pada kata stomach.

Namun, cara ini keliru karena ch dalam stomach sebetulnya berbunyi k seperti black, duck, dan trick. Jadi, pengucapan stomach yang benar adalah sto-mek.

2. Answer

Kata ini adalah satu contoh dari banyak kata lain dalam bahasa Inggris dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan—alias tidak diucapkan sama sekali.

Dalam hal answer, huruf w diabaikan sehingga pengucapan yang tepat adalah an-ser.

Huruf w ini juga terdapat dalam kata sword (sord), wrinkel (rin-kel), dan wrestle (res-sel).

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

3. Vehicle

Menurut aturan ejaan dalam bahasa Inggris, huruf hidup (vokal) terakhir dalam kata berakhiran huruf e harus diucapkan secara dipanjangkan. Contohnya, dalam kata dine, fine, dan mine, huruf i dibunyikan ai.

Namun, aturan ini sering digunakan secara keliru untuk kata-kata serupa, misalnya vehicle. Aturan bunyi ai justru tidak dipakai di sini dan pengucapan vehicle yang benar adalah vee-hik-el.

Hal sama berlaku untuk kata determine (dee-ter-min) dan examine (ex-a-min).

4. Mosque

Kata ini sering muncul dalam percakapan berbahasa Inggris di Indonesia karena kaitannya yang amat erat dengan budaya setempat.

Meski begitu, kata ini termasuk kata yang paling sering salah diucapkan karena akhiran huruf rangkap ue membuat banyak orang cenderung melafalkan kata itu sebagai mosk-you.

Aturan yang benar adalah ue tidak dibunyikan, sehingga pelafalan mosque yang tepat sebenarnya singkat dan sederhana, yakni mosk.

Baca juga: 5 Cara Lebih Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

5. Castle

Seperti juga huruf k, huruf t sering kali tidak dibunyikan dalam kata bahasa Inggris terutama jika terletak di tengah. Jadi, castle diucapkan cas-sel.

Aturan ini berlaku untuk listen (lis-sen), fasten (fas-sen), dan whistle (wis-sel).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com