Kompas.com - 30/08/2021, 14:00 WIB
Pembuatan nata de curcuma DOK. Laman UnsoedPembuatan nata de curcuma

KOMPAS.com - Salah satu upaya menjaga imun tubuh di masa pandemi Covid-19 ialah dengan mengonsumsi rempah-rempah kaya manfaat, seperti jamu.

Bahan jamu yang terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, dan serai, dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, selama pandemi, sempat populer adanya ramuan jamu corona yang terbuat dari empon-empon yang dianggap dapat mencegah terpapar virus ini.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Mahasiswa Unpad Jelaskan Caranya

Namun, masih banyak dari kalangan milenial yang tidak menyukai olahan jamu disebabkan oleh rasanya yang kurang enak.

Di tangan generasi milenial Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), akhirnya tercetus inovasi baru untuk mengolah kunyit menjadi nata dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional melalui proses fermentasi.

Gagasan ini berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) yang lolos pendanaan pada Mei 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim PKM-RE yang diketuai oleh Annisa Auliya Rahmah ini, menjelaskan Nata de coco namun berbahan kunyit ini produk pangan berupa lapisan selulosa sebagai hasil fermentasi bakteri Acetobacter xylinum yang berfungsi membentuk nata. 

“Produk nata yang biasanya ada di masyarakat adalah nata de coco, tapi kini bisa dikreasikan dengan penambahan perasan kunyit yang kami namai Nata de Curcuma”, tuturnya dilansir dari laman Unsoed.

Dengan kawannya, Atika Putri, Felicia Ivena dan Monica Ramadhanti, yang berasal dari jurusan farmasi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (Fikes) Unsoed, memiliki alasan mengapa memilih kunyit.

Baca juga: Tim FTP UB Produksi Meja Laptop dengan Aromaterapi Penurun Stres

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah sejak lama dikenal sebagai imunostimulan (peningkat imun). Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit antara lain kurkuminoid, terpenoid (minyak atsiri), flavonoid, amilum, tanin, damar, dan mineral.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.