Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Beasiswa, Glow and Lovely Beri Pendampingan Kesehatan Mental

Kompas.com - 30/08/2021, 12:56 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aninda Fitriyah Salsabilah tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya saat mengetahui dirinya berhasil meraih beasiswa dari Glow & Lovely.

Di depan 59 penerima beasiswa lainnya selama acara virtual, Jumat (27/8/2021) mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) ini sejak dulu ingin sekali melanjutkan studi setinggi-tingginya. Namun terbatasi oleh biaya pendidikan.

Ayahnya adalah seorang kuli bangunan dan ibunya adalah ibu rumah tangga. "Memang hal itu (biaya) menjadi kendala. Tetapi saya tidak malu, dan saya selalu yakin ada jalan untuk meneruskan mimpi saya," kata siswa asli Gresik ini.

Aninda juga terbukti berprestasi selama sekolah. Ia pernah memenangkan Medali Perak Olimpiade Kimia di Olimpiade Sains Nasional (OSN), menjabat ketua OSIS dan lulus sebagai lulusan terbaik MAN 2 Gresik.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Saat masuk ke jurusan Kimia Unair, ia juga berhasil mendapatkan golden ticket atau jalur khusus bagi siswa berprestasi. "Saat mendaftar beasiswa Glow & Lovely, saya juga tertarik dengan misi perusahaan yang ikut peduli dan mendukung pelajar muda perempuan Indonesia. Memang saat ini perempuan Indonesia harus terus maju dalam berbagai aspek," jelasnya.

Aninda dan 59 penerima beasiswa program ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” kini pun bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri idaman mereka tanpa harus khawatir akan masalah biaya pendidikan. Mewakili teman-temannya, Aninda juga siap membawa misi sosial untuk mencerdaskan perempuan di seluruh Tanah Air bersama kawan-kawannya.

Senior Brand Manager Glow & Lovely Imelda Scherers mengatakan selain memberi dukungan beasiswa, Glow & Lovely memiliki program pendampingan para adik bintang atau penerima manfaat sebagai bentuk dukungan sistem sosial di masa pandemi.

Ia mengatakan, program Glow & Lovely Bintang Beasiswa diselenggarakan sejak tahun 2017 dan telah mengantarkan 270 anak perempuan Indonesia memasuki jenjang Perguruan Tinggi di Pulau Jawa dan beberapa wilayah di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Belajar Coding Gratis dari DQLab UMN untuk Siswa-Mahasiswa, Yuk Daftar

“Selain dukungan secara finansial, kami menambahkan program atau materi tentang kesehatan mental yang sebenarnya sangat penting di masa pandemi. Mudah-mudahan dengan semua dukungan yang lengkap, kami bisa benar-benar mendukung para adik bintang untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki,” ujar Imelda saat konferensi pers virtual "Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021" di Jakarta, Jumat, (28/8/2021)

Ia mengatakan para penerima manfaat akan mendapatkan pendampingan selama empat tahun. Hal itu meliputi pembangunan karakter, berpikir kritis, serta persiapan berkarier dan berkarya. Untuk menjalankan program pendampingan, Glow & Lovely berkolaborasi bersama Hoshizora Foundation.

Sejalan dengan misi Glow & Lovely untuk mencerahkan kulit wajah dan masa depan perempuan Indonesia, pihaknya terus berkomitmen melalui hastag #CerahkanPendidikanIndonesia.

"Hal ini sebagai perwujudan dari purpose atau tujuan mulia kami, yaitu dengan memberikan beasiswa kepada perempuan melalui program Glow & Lovely Bintang Beasiswa," tambahnya.

Banyak perempuan muda Indonesia masih terhalang untuk mengenyam pendidikan tinggi karena berbagai keterbatasan. Padahal, dengan pendidikan yang memadai, para perempuan bisa lebih siap menghadapi segala tantangan di depannya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Nantinya, dalam program pendampingan ada dukungan untuk permasalahan mental pelajar perempuan muda.

“Menurut kami, kesehatan mental pelajar merupakan salah permasalahan yang penting untuk disorot,” kata Executive Director Hoshizora Foundation Yudi Anwar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com