Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar Unair: Bahan Herbal Ini Punya Manfaat Besar bagi Kesehatan

Kompas.com - 30/08/2021, 11:24 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Farmasi Unair, Prof. Mangestuti menyampaikan, pola hidup sehat bisa dicapai dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah didapat.

Tidak selalu bergantung pada suplemen atau vitamin yang mahal.

Baca juga: Lima Mahasiswa Unair Buat Hand Sanitizer dari Bahan Lendir Bekicot

Pemanfaatan rempah untuk menjaga kesehatan seperti jahe yang memiliki kandungan zat yang bersifat antioksidan dan anti radang.

Jahe juga memegang peranan penting bagi kesehatan otak dan menurunkan nyeri pada artritis.

Selain jahe, rempah lain yang bisa digunakan seperti kunyit juga memiliki banyak manfaat Kesehatan.

Kunyit mampu menunjang fungsi sistem imun, membantu mendapatkan Kesehatan Sistem kardiovaskuler, memberikan perlindungan sebagai antioksidan yang poten, memperbaiki kesehatan otak, dan melindungi dari Alzheimer.

Bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, jinten hitam, lada hitam, kayu manis, dan masih banyak rempah lainnya juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sifat antioksidan yang dimiliki hampir semua rempah dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.

"Di Kabupaten Sumba Timur, terdapat rempah herbal yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, yaitu Moringa oleifera atau kelor. Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur ada tanaman Morinda citrifolia atau noni," kata dia melansir laman Unair, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Pakar Unair Ungkap Alasan Seseorang Memilih Childfree

Dia mengaku, kelor digunakan untuk mengatasi malnutrisi di negara lain seperti Afrika.

Daun kelor kaya dengan kandungan beta-carotene, vitamin C, vitamin E, dan polifenol menjadikannya sebagai sumber alami antioksidan.

Berdasarkan riset, kelor dilaporkan mempunyai sifat anti radang. Anti-cancer, hepatoprotective (pelindung organ hati), dan neuroprotective (pelindung syaraf).

Lanjut dia menyampaikan, konsumsi kelor dapat dilakukan dengan membuat masakan sayur bening, sayur asam, atau daun kering kelor digunakan sebagai teh.

Tidak hanya kelor, tanaman noni juga bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan.

Berdasarkan artikel jurnal yang ada, noni dikatakan bersifat antioksidan, anti radang, anti viral (virus), anti fungi (jamur), penyembuh luka, dan dapat mengurangi nyeri (analgesic).

Dia menambahkan, upaya untuk menjaga pola hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin.

Baca juga: Unair Turunkan UKT 8.191 Mahasiswa

"Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti rempah (herbal), maka masalah kesehatan yang biasa kita dapatkan di usia menengah dapat dikalahkan," tukas dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com