Kompas.com - 29/08/2021, 07:09 WIB
Ilustrasi gigi putih KurhanIlustrasi gigi putih
|

KOMPAS.com - Tidak hanya kesehatan tubuh, kini masyarakat juga mulai peduli pada kesehatan gigi. Tetapi, bukan lagi bagaimana mengatasi lubang gigi atau keluhan lainnya namun sudah masuk dalam masalah estetika atau kecantikan gigi.

Misalnya saja penggunaan kawat gigi dan gigi tiruan. Gigi tiruan merupakan alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya.

Di samping itu, penggunaan gigi tiruan dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi hilang, seperti gangguan makan dan berbicara, serta menurunnya rasa percaya diri.

Baca juga: 5 Tips Kelola Keuangan Mahasiswa dari Akademisi UII

Menurut drg. Bintoro Kardinoto, Dokter Gigi Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip), ada sebagian anak muda yang menggunakan kawat gigi tetapi bukan pada tempatnya.

"Akhir-akhir ini banyak sekali anak muda yang menggunakan kawat gigi, terlalu dipaksakan tetapi bukan pada tempatnya," ujarnya seperti dikutip dari laman Undip, Sabtu (28/8/2021).

Dijelaskan, kawat gigi bisa mengoreksi kelainan-kelainan yang awalnya hanya tampak secara garis micro saja, tetapi harus memenuhi kaidah indikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi dilemanya sekarang, anak-anak muda salah tempat untuk memasang kawat gigi, tidak ke dokter gigi malah di tempat yang tidak semestinya.

"Fungsi kawat gigi diantaranya adalah untuk merapikan gigi dan mengkoreksi. Gigi itu jumlahnya banyak dan harus harmonis susunannya, oklusinya pun mesti harmonis," terangnya.

Keharmonisan itu dapat menjaga kesehatan dalam tubuh. Jika oklusi bagus otomatis pengunyahan semakin bagus, pencernaan menjadi semakin optimal.

Terkait pembedahan jika ada kelainan pada gigi, menurut drg. Bintoro pembedahan itu ada standarnya, artinya tidak langsung tiba-tiba dibedah.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jajanan Sehat dari Ahli Gizi RSA UGM

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.