Kompas.com - 28/08/2021, 13:59 WIB
Ilustrasi perangkap tikus. PIXABAY/REGINALIlustrasi perangkap tikus.
|

KOMPAS.com - Bagi petani, tikus menjadi salah satu hewan pengganggu. Sebab, tikus merusak tanaman padi di lahan pertanian.

Karena itu, banyak petani memasang alat perangkap tikus yang dialiri listrik atau biasa disebut dengan ‘setrum tikus’.

Tetapi, alat tersebut sangat berbahaya karena dapat membunuh tikus dan membahayakan nyawa petani itu sendiri.

Baca juga: Bantu UMKM, Mahasiswa Unair Ciptakan Mesin Penggorengan Khusus

Terkait hal itu, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) Putri Dwi Lestari melakukan sosialisasi bahaya alat perangkap tikus yang dialiri listrik.

Pada kesempatan itu, mahasiswa UB juga memberikan solusi bagaimana langkah aman pengendalian tikus bagi warga Desa Pucak Wangi Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Adapun kegiatan yang terangkum dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tersebut diikuti sebanyak 20 warga desa yang berprofesi sebagai petani sekaligus peternak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Putri, alat perangkap tikus yang beraliran listrik itu sangat berbahaya. Sejauh ini banyak kasus yang telah dilaporkan, penggunaan setrum tikus juga dilarang di berbagai daerah.

"Maka setrum tikus harus segera di tinggalkan karena sangat membahayakan," ujar Putri seperti dikutip dari laman UB, Sabtu (28/8/2021).

Selain melarang penggunaan perangkap tikus dialiri listrik, Putri juga memberikan solusi pengendalian tikus yang aman bagi petani dan lingkungan.

Pengendalian tikus dapat dilakukan dengan cara:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.