Kompas.com - 28/08/2021, 11:27 WIB
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tuan rumah rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP 2021) bertema ?SDM Dosen Unggul Menuju Indonesia Emas? yang berlangsung 26-28 Agustus 2021. DOK. UNJUniversitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tuan rumah rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP 2021) bertema ?SDM Dosen Unggul Menuju Indonesia Emas? yang berlangsung 26-28 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tuan rumah rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP) bertema “SDM Dosen Unggul Menuju Indonesia Emas” yang berlangsung 26-28 Agustus 2021.

Pembukaan acara yang digelar di Aula University Traing Centre (UTC), UNJ, sekaligus menjasi seremoni pelantikan pengurus ADP periode 2021-2026.

Menteri Agama KH. Yagut Choli Qoumas saat membuka acara menegaskan dosen dan tenaga pendidik di perguruan tinggi merupakan komponen penting dan menjadi modal utama pembangunan Pendidikan bagi bangsa.

Ia berpesan dosen dan tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter.

“Pada situasi pandemik covid-19, pendidikan salah satu yang paling terdampak. Kita sangat prihatin situasi pendidikan saat ini, bahkan mahasiswa semester 1-3 belum menginjakkan kaki di kampusnya," ujar Menag.

"Ini adalah tugas berat kita semua bagaimana menjaga eksistensi kependidikan sebagai bagian dari alat untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045,” tambah KH. Yagut Choli.

Menag juga menyampaikan, di tengah fenomena berkembangnya paham sikap dan perilaku ekstrim di Indonesia, eksistensi ADP menjadi kekuatan tersendiri.

“Untuk itu saya titip kepada para pengurus ADP agar mampu memberikan kontribusi yang siginifikan, dan menjawab atas paham dan perilaku ekstrim” harapnya.

Baca juga: 6 Dosen UNS Jadi Pelatih Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Melahirkan pemikiran besar

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ, Prof. Komarudin, menyambut baik gelaran rakernas pertama ADP ini. “Tantangan bangsa kita sangat luar biasa sekarang ini, oleh karena itu pergerakan dosen-dosen yang tergabung dalam ADP ini harus dalam segala bidang," ungkapnya.

Prof. Komarudin menegaskan, "UNJ siap melakukan workshop dan simposium dalam rangka melahirkan pemikiran-pemikiran besar bagi kemajuan Indonesia.”

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.