Kompas.com - 27/08/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi diet atau menurunkan berat badan. FREEPIK/JCOMPIlustrasi diet atau menurunkan berat badan.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dosen dari Departemen Gizi Kesehatan UGM, Mirza HST Penggalih mengatakan, diet yang baik bisa dilakukan dengan pengaturan pola makan yang baik dan benar lewat gizi seimbang.

Mirza menjelaskan, diet sebenarnya adalah bagaimana memberi makanan sesuai dengan kebutuhan setiap individu.

Baca juga: 11 PTS Terbaik Indonesia Versi QS World University Rankings 2021

Sesuai, kata dia, tentunya akan bermacam-macam, baik sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) ataupun bisa jadi sesuai dengan seseorang yang memiliki kondisi tertentu, misalnya mempunyai hipertensi atau diabetes.

"Jadi, diet itu tidak melulu identik dengan mengurangi atau membatasi makanan. Tapi tetap disesuaikan. Bisa jadi disesuaikan itu dilebihkan (buat orang yang punya aktivitas fisik lebih seperti atlet). Itu makna diet sebanarnya," ucap dia melansir laman UGM, Jumat (27/8/2021).

Kemudian, Mirza menjelaskan, bahwa masyarakat mengenal diet identik dengan menurunkan berat badan dan dengan banyak cara.

Namun pada prinsipnya adalah kembali pada keseimbangan energi dan mengurangi apa yang dikonsumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, apabila ingin menambah berat badan, maka makanan yang masuk harus diperbanyak, sedangkan yang keluar harus dikurangi.

Jika ingin menurunkan berat badan, maka makanan yang masuk harus dikurangi, sedangkan yang keluar harus ditambahkan. Kalau mau lebih banyak lagi yang keluar, maka bisa ditambahkan dengan olahraga.

"Kita juga mengurangi apa yang dikonsumsi dengan standar AKG. Contoh kebutuhannya 2.000, maka kita akan mengurangi makanan dari kebutuhan sehari bisa 1.800, 1.500, pengurangan ini tentunya harus dikonsultasikan. Jangan sampai menerapkan pola diet yang terlalu ketat," ungkap dia.

Baca juga: Yuda Disastra, Mahasiswa Peraih IPK Tertinggi di UGM

Diet yang baik, sambung Mirza, adalah yang sesuai dengan panduan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu dengan mengaplikasikan "Isi Piringku Sekali Makan".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.