Kompas.com - 26/08/2021, 17:23 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) menurunkan uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa akibat pandemi Covid-19.

Direktur Keuangan Unair, Ardianto mengatakan, permohonan keringanan itu terdiri dari beberapa mekanisme.

Baca juga: Cerita 4 Srikandi Unair Jadi Relawan Covid-19

Hingga 26 Agustus 2021, Unair telah memberikan penurunan UKT kepada sebanyak 8.191 mahasiswa, dari total 8.312 permohonan yang telah masuk.

Penurunan UKT itu diajukan oleh mahasiswa dari 16 fakultas di Unair, terdiri dari Fakultas Kedokteran (425 mahasiswa), Fakultas Kedokteran Gigi (180 mahasiswa), Fakultas Hukum (243 mahasiswa), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (1484 mahasiswa).

Kemudian ada, Fakultas Farmasi (168 mahasiswa), Fakultas Kedokteran Hewan (325 mahasiswa), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1064 mahasiswa), Fakultas Sains dan Teknologi (744 mahasiswa), Fakultas Kesehatan Masyarakat (567 mahasiswa), dan Fakultas Psikologi (235 mahasiswa).

Lalu ada Fakultas Ilmu Budaya (497 mahasiswa), Fakultas Keperawatan (249 mahasiswa), Fakultas Perikanan dan Kelautan (451 mahasiswa), Fakultas Vokasi (1404 mahasiswa), dan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (155 mahasiswa).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengaku, penurunan UKT ini diberikan bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan pembayaran karena berbagai sebab, antara lain orangtua wafat, pensiun, PHK, mengalami kebangkrutan atau sebab lainnya yang masuk kriteria dapat diturunkan sesuai ketentuan.

Dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang dapat berdampak terhadap ekonomi, mekanisme pembayaran angsuran juga menjadi alternatif solusi dalam mengatasi kesulitan mahasiswa.

Hingga Desember 2020, sebanyak 31,57 persen mahasiswa Unair (dari total keseluruhan mahasiswa yang berjumlah 29.114) adalah penerima beasiswa.

Baca juga: Rektor: Lulusan IPB Harus Selalu Ingat Ki Hajar Dewantara

Jenis beasiswa ini bermacam-macam, mulai dari Ditjen Dikti, Kemendikbud Ristek, Kemenag, Pemerintah Kota/Kabupaten, Perusahaan BUMN, Lembaga, Yayasan, dan juga beasiswa dari Unair sendiri seperti Beasiswa Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan (Aktivis) dan Beasiswa Tahfidz Alquran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.