Kompas.com - 26/08/2021, 11:17 WIB
 Ilustrasi belajar di rumah bersama anak (Dok. Shutterstock) Ilustrasi belajar di rumah bersama anak

KOMPAS.com - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19, memberikan tantangan bagi sejumlah siswa dalam memahami pelajaran sekolah, terutama pelajaran matematika, fisika dan kimia.

Guna membantu siswa lebih memahami pembelajaran daring dari sekolah, platform pendidikan Kelas Pintar membarui fitur "Guru" guna memberikan sesi belajar yang lebih interaktif bersama guru ahli.

Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie mengatakan berdasarkan riset yang Kelas Pintar lakukan, live teaching atau kelas online yang interaktif merupakan salah satu fitur yang paling diminati oleh siswa untuk menunjang pembelajaran yang telah mereka dapat dari sekolah.

Baca juga: Fitur Ini Bantu Siswa SD-SMA Pecahkan Soal Matematika, Fisika, Kimia

“Ini menjadi salah satu alasan kami untuk meluncurkan versi terbaru dari Guru," jelas Uffie dalam konferensi daring, Rabu (26/8/2021).

Uffie mengatakan, penyempurnaan GURU tidak sekadar menambahkan layanan live teaching, tapi juga upgrade fitur dan user interface dalam upaya menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan.

"Kami ingin para siswa merasakan pengalaman belajar layaknya di sekolah. Karena di versi terbaru Guru, para siswa bisa berinteraksi dengan Guru Ahli melalui teks, foto ataupun telepon dalam upaya untuk menguatkan pemahaman mereka terhadap materi yang baru mereka pelajari di sekolah," ujar Uffie.

Saat ini, Guru dari Kelas Pintar tersedia untuk siswa dari kelas 4 hingga 12. Untuk siswa kelas 4 sampai 6, ada 2 mata pelajaran yang dapat diikuti yakni Matematika dan Tematik.

Sedangkan untuk kelas 7 sampai 9, ada 5 mata pelajaran yakni Matematika, IPA Terpadu, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPS Terpadu.

Lalu untuk kelas 10 sampai 12 ada 7 mata pelajaran yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, Matematika, Fisika, Biologi, dan Matematika IPA.

Baca juga: Tingkatkan Efektivitas Belajar dari Rumah, Kelas Pintar Sajikan Sekolah Virtual

Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie Dok. Kelas Pintar Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie

Sebagai informasi, fitur Guru dari Kelas Pintar didesain selaras dengan program semester pada kurikulum nasional, sehingga materi yang diajarkan melalui kelas online sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah.

Karena sejatinya, fitur Guru dari Kelas Pintar memang didedikasikan sebagai pendamping belajar siswa dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang apa yang mereka pelajari di sekolah.

Selain itu, versi terbaru dari GURU juga menghadirkan materi yang lebih lengkap. Para siswa juga bisa melihat kembali rekaman sesi Kelas yang telah berlangsung dan mendapatkan materi pendukung sesuai dengan topik yang dipelajari.

Agar proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan, materi yang disajikan oleh Guru Ahli dikemas secara bervariasi dan ditampilkan dengan user interface menarik yang kaya akan fitur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.