Kompas.com - 26/08/2021, 11:13 WIB
ilustrasi alpukat. PIXABAY/STEVEPBilustrasi alpukat.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Buah alpukat dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain daging buahnya yang mengandung lemak baik yakni lemak tak jenuh tunggal, bijinya juga memiliki banyak manfaat lho.

Ada beberapa manfaat biji buah alpukat bagi kesehatan, antara lain mencegah penyakit tekanan darah tinggi, mengatasi penyakit maag hingga bisa menjaga daya tahan tubuh.

Namun berkat penelitian lebih lanjut yang dilakukan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), berhasil mengubah biji buah alpukat menjadi inovasi berupa gelfoam.

Inovasi ini bisa membantu penyembuhan luka pasca-ekstraksi gigi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2018, prevalensi pencabutan gigi di Indonesia mencapai 7,9 persen.

Baca juga: Kisah Kasim Arifin, Jalani KKN Selama 15 Tahun di Pelosok Pulau Seram

Biji buah alpukat jadi gelfoam

Keberadaan gelfoam atau gelatin foam dapat mengontrol perdarahan pascapencabutan gigi dalam waktu kurang dari 10 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi yang terlibat dalam penelitian ini yakni Oliresianela, Esra Kusteniuk Simanjuntak, Fiorina Divasinta Mirelia Marsudi, Langit Jingga dan Nabila Oktavina Dwiputri.

Menurut Esra, spons gelatin ini berasal dari gelatin murni yang berbentuk spons lentur, berpori dan mudah menyerap.

Selain memanfaatkan biji alpukat, dalam penelitian ini juga memanfaatkan kulit udang. Pemanfaatan kulit udang ini dilatarbelakangi, Indonesia merupakan negara penghasil udang ketiga di dunia.

Baca juga: Harus Bergelar Master, Guru Jadi Kunci Sukses Pendidikan di Finlandia

Kulit udang mencapai 45-55 persen berat total dengan nilai ekonomis yang rendah. "Kulit udang dianggap sebagai limbah padahal mengandung kitin yang dapat menghasilkan kitosan," ujar Esra seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya, Rabu (25/8/2021).

Keistimewaan kitosan

Esra menerangkan, kitosan memiliki berbagai keistimewaan, antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.