Kompas.com - 26/08/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi sekolah tatap muka.

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Jawa Timur mengizinkan SMA/SMK dan sekolah luar biasa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Dengan catatan, sekolah tersebut berada di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sampai 3.

Hal ini, ditegaskan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi. "Daerah yang masuk kategori Level 1, 2, dan 3 silakan melakukan PTM terbatas," Jelasnya.

Sebelumnya, hampir banyak wilayah di Jawa Timur tak bisa menyelenggarakan PTM terbatas karena masih dalam PPKM level 4.

Meski boleh melaksanakan tatap muka, ia meminta sekolah dan pemda menekankan protokol kesehatan diterapkan dalam pelaksanaan PTM terbatas.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Ini Link Contoh Soal SD-SMA

Selain itu, jumlah peserta pembelajaran tatap muka dibatasi 50 persen di SMA dan SMK, serta 63 hingga 100 persen di sekolah luar biasa.

Wahid juga mengatakan bahwa sekolah diperbolehkan melaksanakan PTM terbatas kalau mayoritas warga sekolah sudah mendapat vaksinasi covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Guru dan tenaga pendidik (yang sudah divaksinasi) rata-rata di atas 80 persen. Siswa relatif lebih kecil," kata dia.

Mengacu instruksi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kata dia, izin pelaksanaan PTM terbatas diberikan kepada sekolah kalau mayoritas warga sekolah minimal sudah mendapat vaksinasi covid-19 dosis satu.

"Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) sudah mengusulkan ke pusat agar Jatim dikirimi vaksin Sinovac yang akan digunakan untuk siswa SMA/SMK," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini suntikan vaksin covid-19 baru diberikan kepada sekitar 11 persen dari total 1,3 juta pelajar yang menjadi sasaran vaksinasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.