Kompas.com - 25/08/2021, 14:53 WIB
Ilustrasi petani SHUTTERSTOCK.com/FENLIOQIlustrasi petani
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di dalam perkuliahan, mahasiswa biasa mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan dalam durasi beberapa bulan saja.

Kegiatan KKN ini merupakan bagian dari tugas Tri Darma Perguruan Tinggi untuk membantu masyarakat di suatu daerah.

Tapi tahukah kamu, dulu ada seorang mahasiswa yang menjalani masa KKN hingga belasan tahun. Kisah inspiratif ini datang dari Muhammad Kasim Arifin. Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjalani masa KKN selama 15 tahun di desa Waimital, Pulau Seram, Maluku.

Dilansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @campuspedia, Rabu (25/8/2021), kisah dari M Kasim Arifin ini bahkan sempat viral di Twitter.

Baca juga: Harus Bergelar Master, Guru Jadi Kunci Sukses Pendidikan di Finlandia

Jalani KKN selama 15 tahun

Pada tahun 1964 silam, Kasim bersama rekan-rekannya dikirim oleh fakultas untuk menjalani program Pengerahan Tenaga Mahasiswa atau semacam Kuliah Kerja Nyata di era sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program ini rencananya dilakukan selama beberapa bulan di Waimital, dengan tugas memperkenalkan program Panca Usaha Tani.

Kala itu, Kasim dan teman-temannya melakukan berbagai kegiatan mulai dari membuka jalan desa, membangun sawah-sawah baru, membuat irigasi dan program lainnya

Setelah tiga bulan, Kasim seharusnya menyelesaikan program tersebut dan kembali melanjutkan studinya di IPB. Namun Kasim merasa tanggungjawabnya belum selesai di Waimital.

Bahkan setelah teman-temannya sudah menyelesaikan studi dan wisuda, Kasim masih berada di Waimital selama 15 tahun.

Selama menjadi mahasiswa KKN di Waimital , Kasim harus berjalan sejauh 20 kilometer untuk mengolah lahan pertanian bersama para petani setempat.

Baca juga: Schlemmer Automotive Indonesia Buka Lowongan Kerja SMA/SMK dan S1

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.